News

Belasan rumah di Aceh Tenggara diterjang angin puting beliung

Belasan rumah di Aceh Tenggara diterjang angin puting beliung
Kondisi rumah di Aceh Tenggara usai diterjang angin puting beliung. Foto: BPBA

POPULARITAS.COM – Angin puting beliung menerjang sedikitnya 13 rumah di Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (22/3/2023). Belasan rumah ini tersebar di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Bukit Tusam, dan Tanoh Alas.

Pusat Dana dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh Pusdatin BPBA) mencatat, dari 13 rumah terkena dampak, sembilan di antaranya mengalami rusak berat dan tiga rusak ringan.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas mengatakan, rumah yang mengalami rusak berat yaitu milik Idris (40), Haris Nasution (38), Suryadi (36), Tianur (61), Robin (21), Letjen Simare Mare, Sukaryadi, Niti Handoyo, dan Januar P. Panjaitan.

“Sementara korban yang rumahnya hanya mengalami rusak ringan seperti Muslim (60), Salimudin (30), Irpan Pagan (33), Salman Pagan (30),” kata Ilyas dalam keterangannya Kamis (23/3/2023).

Selain merusakkan rumah, angin putih beliung juga mengakibatkan satu masjid di Kecamatan Tanoh Alas dan satu musala yang berada di Kecamatan Lawe Sigala-gala juga ikut rusak.

“Keduanya hanya mengalami rusak ringan,” katanya.

Akibat peristiwa tersebut, 13 KK yang terdiri dari 55 anggota keluarga terpaksa harus mengungsi ke rumah saudara terdekat.

“Saat kejadian BPBD Kabupaten Aceh Tenggara mengerahkan anggota TRC ke lokasi dan melakukan kaji cepat,” imbuhnya.

Shares: