News

BMKG ingatkan masyarakat waspadai gelombang tinggi empat meter di perairan Aceh

BMKG ingatkan masyarakat waspadai gelombang tinggi empat meter di perairan Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ingatkan kepada masyarakat nelayan dan pelaku aktivitas di laut agar mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai empat meter di wilayah pantai barat Aceh.

“Penyebab ketinggian gelombang tinggi di wilayah pantai barat Aceh ini karena pola angin yang di wilayah Aceh sudah dominan bergerak dari selatan – barat (baratan),” kata Prakirawan Stasiun BMKG Meulaboh di Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Rahmat Zikri, dilansir dari laman Antara, Selasa (13/6/2023).

Ia mengatakan akibat pola angin tersebut menyebabkan bertambahnya tinggi gelombang di laut menuju ke daratan.

Sedangkan untuk perairan wilayah pantai selatan Aceh, kata dia, berdasarkan pengamatan citra satelit menunjukkan ketinggian gelombang di kawasan tersebut masih berkisar antara 1,2 meter hingga 2,5 meter.

Meski masih mengalami gelombang tinggi hingga Selasa (13/6), pihaknya memprakirakan ketinggian gelombang di wilayah pantai barat Aceh pada Rabu (14/6) mendatang mulai membaik.

Namun pada 17 Juni 2023 mendatang, katanya, potensi gelombang tinggi di wilayah pantai barat Aceh mulai terlihat lagi.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di pantai dan laut, serta masyarakat nelayan agar senantiasa waspada, mengingat gelombang tinggi di laut dapat menyebabkan risiko tinggi.

BMKG juga mengimbau masyarakat khususnya orangtua, agar dapat menjaga dan mengawasi anak-anak saat bermain di pantai, terutama saat arus balik laut (Rip Current), yang dapat seseorang menyeret ke tengah laut.

Shares: