News

Capaian PAD Kota Sabang 2020 Lebihi Target

POPULARITAS.com Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Sabang pada tahun 2020 mencapai Rp 61 miliar, jumlah tersebut, melebihi jumlah yang di target yakni Rp 50,5 Milyar

Partisipasi Pihak Ketiga Daerah (SP3D) dan klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).menjadi penyumbang terbesar untuk capaian PAD Kota Sabang Tahun 2020.

Asisten II Setda Kota Sabang Kamaruddin saat dihubungi mengatakan capaian PAD Kota Sabang untuk 2020 melebihi target yang di tentukan nyakni Rp 50,5 milyar. Target PAD 2020 lebih rendah dari target PAD pada 2019 nyakni Rp 60 milyar. Karena mengingat adanya wabah COVID-19 yang sangat berdampak terhadap sektor pariwisata di Pulau Weh.

“Secara angka pada 2020 kita targetkan PAD Rp50,5 miliar. Alhamdulillah di luar dugaan bisa mencapai Rp61 miliatarget yang r capaiannya, jadi melebihi 100 persen,” kata Asisten II Setda Kota Sabang Kamaruddin.

Masih menurut Kamaruddin, sejak April hingga Oktober 2020 aktivitas pariwisata di pulau paling barat Indonesia itu menurun drastic nyaris kolep. Okber hingga Desember sektor pariwisata Sabang kembali berdenyut, bahkan kunjungan wisatawan membeludak pada libur akhir tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya disaat tidak ada COVID-19.

“Jadi terkait dengan 2020 kita memang targetnya berkurang dari target 2019. Itu karena pandemi COVID-19, sedangkan potensi PAD untuk Sabang berada di sektor pariwisata, kebetulan sektor pariwsata lesu, sehingga tidak berani kita target melebihi 2019,” katanya.

Sepanjang 2020 sektor pariwisata Sabang, sangat sedikit menyumbang pendapatan ke kas daerah. Namun untuk, sektor yang paling besar penyumbang PAD adalah SP3D senilai Rp19 miliar, kemudian klaim JKN di Kota Sabang yang juga mencapai Rp14 miliar.

“Itu dua yang paling dominan, disamping sektor-sektor lain yang kecil-kecil,” kata Kamaruddin. “Karena Sabang ini daerah pelabuhan bebas maka enggak ada PPN (Pajak Pertambahan Nilai), maka penggantinya SP3D,” katanya lagi.

Untuk 2021, Kamaruddin menyebutkan, Pemko Sabang menarget-kan PAD sebesar Rp90 miliar. Strategi yang dipersiapkan untuk mencapai target tersebut yakni pemerintah akan memperkuat intensifikasi dan ekstensifikasi pajak. Mulai dari menata ulang tata kelola PAD dan mencari objek-objek baru.

“Pada 2021 kita coba target PAD sekitar Rp90 miliar, jadi hampir 100 persen kita coba naik, dengan prediksi bahwa 2021 iklim pariwisata Sabang itu akan jauh lebih baik,” katanya.

Shares: