EdukasiNews

Danlanal Sabang jadi pembicara didepan guru SMP dan SLTA se-Indonesia

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto,S.E menjadi narasumber tunggal Renungan Kebangsaan dihadapan para guru-guru sejarah SLTP dan SLTA se Indonesia.

SABANG (popularitas.com) : Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto,S.E menjadi narasumber tunggal Renungan Kebangsaan dihadapan para guru-guru sejarah SLTP dan SLTA se Indonesia.

Kegiatan yang disponsori Direktorat Sejarah Dirjenbud dan Kemendikbud tersebut merupakan rangkaian kegiatan INTI BANGSA (Internalisasi Nilai Kebangsaan) 2018 dilaksanakan Minggu, (29/04/18) malam di Gedung Glora Wijaya Kusuma Lanal Sabang.

Kegiatan yang bertema “Merajut Nilai-nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Jaya” diikuti 160 orang guru-guru SLTP dan SLTA dari perwakilan seluruh Provinsi se Indonesia.

Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto,S.E dalam materinya menyampaikan, negara Indonesia mempunyai suatu keberagaman kebudayaan yang banyak sejarahnya, sehingga masing masing wilayah banyak memiliki sejarah yang perlu diobservasi untuk keberagamannya sebagai edukasi kuat bagi para peserta inti bangsa.

Sebagaimana diketahui sejarah pernah terjadi, tapi bukan hanya untuk sekedar dihafalkan tetapi adalah bagaimana cara memahami untuk masa depan bangsa dihari mendatang.

Karena sejarah itu mempunyai arti yang luas bila ada keinginan untuk mengusut dan mencari tahu lebih dalam, dan itu semua dibutuhkan pengetahuan sebagainya diperoleh melalui penelitian yang panjang.

Jadi, bukan karena pelajaran sejarah itu yang berkesan tapi adalah sejarah telah menjadi petunjuk bahwasannya karena adanya sejarah maka, telah terjadi kebangkitan suatu negara besar yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang Berbhineka Tunggal Ika.

Walapun berbeda-beda suku, bahasa dan kebudayaan, sejarah telah membuktikan dari ujung barat Sabang hingga ujung timur Merauke semua adalah Indonesia.

“Ini bisa kita lihat dan rasakan bersama hingga saat ini masih terjalin dengan baik apalagi Indonesia adalah negara besar yang sangat strategis, itu semua dicapai dengan penuh perjuangan panjang, dan kini menjadi nilai sejarah yang sangat tinggi bagi para generasi penerus bangsa,” kata Danlanal Edi Haryanto.

Karenanya, perlu kiranya rasa patriotisme dan menghargai sejarah perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI ditanamkan kepada seluruh anak didik.

Sebagai contoh yang perlu ditanamkan adalah, rasa cinta tanah air, rela berkorban, tanamkan rasa persatuan dan kesatuan, berani mengalah untuk kepentingan bersama, serta ikhlas tanpa pamrih, sebutnya. Usai memberikan pemaparan selanjutnya dilakukan renungan kebangsaan di lapangan Mako Lanal Sabang yang diikuti seluruh peserta Inti Bangsa 2018 yang dibimbing langsung para anggota TNI AL Lanal Sabang. (MD Handaya)

Shares: