Edukasi

Dr. Shabri  Raih Juara Dua Dosen Berprestasi Nasional

Dr. M. Shabri, SE., M.Ec, seorang dosen di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) meraih juara dua dosen berprestasi kategori sosial humaniora tingkat nasional tahun 2017  yang digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).
Istimewa
Dr. M. Shabri, SE., M.Ec

BANDA ACEH – Dr. M. Shabri, SE., M.Ec, seorang dosen di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) meraih juara dua dosen berprestasi kategori sosial humaniora tingkat nasional tahun 2017  yang digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Penganugerahan ini berlangsung di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta 30 Oktober 2017 yang diikuti sebanyak 95 dosen berprestasi dari seluruh universitas di Indonesia.

Shabri mengatakan penganugerahan ini merupakan apresiasi terhadap tenaga pendidik yang telah bekerja baik selama ini. Kemenangan ini juga menunjukkan jika dosen berprestasi bukan hanya dimonopoli oleh universitas besar di Indonesia.

“Tidak benar universitas di luar Pulau Jawa dosennya tidak berkualitas. Dosen kita memiliki kemampuan yang mumpuni, bahkan bisa di atas kemampuan mereka,” ujar Shabri dalam pres rilisnya, Kamis (02/11/2017).

Shabri menjelaskan ada beberapa poin penilaian yang dilakukan oleh tim juri selama penilaian, seperti prestasi dosen, hasil publikasi internasional, dokumen pendukung, kepribadian, dan presentasi karya tulis ilmiah. Saat presentasi, Shabri memaparkan tentang konsep keuangan perbankan syariah yang inklusif dan menguntungkan.

Ia berharap kemenangan ini dapat membawa nama Unsyiah dikenal lebih luas sehingga mampu berkiprah di tingkat nasional dan internasional. Termasuk juga dalam peningkatan publikasi internasional. Ia juga berharap di tahun mendatang banyak civitas akademika Unsyiah yang ikut serta dalam pemilihan ini sesuai dengan kategori yang diperlombakan.

Selain Shabri, pemilihan dosen berprestasi bidang sosial dan humaniora juga dimenangkan oleh Dr. Drs. Yoseph Yapi Taum, M.Hum dari Universitas Sanata Dharma sebagai juara satu dan Dr. Drs. Kuswarsantyo, M.Hum dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai juara tiga.

Selain pemilihan dosen sosial humaniora berprestasi, Kemenristekdikti  juga memilih pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi untuk kategori dosen sains dan teknologi, laboran, pustakawan, administrasi akademik, pengelola keuangan, dan arsiparis. Tercatat ada 257 peserta yang dinilai dari seluruh Indonesia. [jam/rel]

Shares: