News

Empat ribu pelajar di Pidie Jaya belum miliki KTP

Empat ribu pelajar di Pidie Jaya belum miliki KTP
Arsip - Kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Dok ANTARA

POPULARITAS.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pidie Jaya mencatat setidaknya, lebih dari empat ribu warga daerah itu belum melakukan perekaman data elektronik, dan milik KTP. Dari jumlah itu, keseluruhannya didominasi para pelajar yang seharusnya sudah wajib kartu tanda penduduk.

Hal tersebut disampaikan Kadis Disdukcapil Pidie Jaya Muhammad Diah, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Selasa (7/3/2023) di Meureude. “Iya, dari catatan kita, ada 4.463 warga di daerah ini yang sudah wajib KTP, tapi belum melakukan perekaman data elektronik,” katanya.

Saat ini, sambungnya lagi, jumlah penduduk Pidie Jaya mencapai 160.828 jiwa, dan yang sudah wajib KTP mencapai 113.370 jiwa. Nah, dari jumlah empat ribu lebih yang belum melakukan perekaman data elektronik itu, terbanyak di Kecamatan Bandar Baru, jumlahnya 1.088 jiwa.

Selanjutnya, kemudian Bandar Dua 741 jiwa, Trienggadeng sebayak  631. Selanjutnya, Kecamatan Meureudu sebanyak 611 jiwa, Ulim sebanyak 499 orang, Meurah Dua sebanyak 232 jiwa, Panteraja 294 jiwa dan Jangka Buya 276 jiwa.

Pihaknya sendiri, sambung Muhammad Diah, telah memberikan pelayanan maksimal guna memastikan warga dapat segera miliki e-KTP. Salah satunya dengan sistem jemput bola, yakni petugas mendatangi langsung desa-desa yang banyak warganya wajib KPT tapi belum mengurusnya.

Diapun mengharapkan setiap keuchik di Kabupaten Pidie Jaya agar dapat memberitahukan ke warganya untuk melakukan perekaman e-KTP.

Jadi, pungkasnya, kalau ada warga yang sulit mengurus KTP ke pusat pemerintahan karna alasan jauh, para kepala desa dapat mengumpulkan warga di kantor desa masing-masing. Jadi petugas datang, tingga laksanakan perekaman data elektronik, demikian Muhammad Diah.

Editor : Hendro Saky

Shares: