News

Harga LPG 3 Kg di Aceh Utara capai Rp 35 ribu, warga mengeluh

ASN di Aceh diminta tak gunakan gas subsidi
Ilustrasi tabung gas tiga kilogram (Antara)

POPULARITAS.COM – Warga mengeluh harga LPG 3 kg bersubsidi di Kabupaten Aceh Utara masih dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni mencapai 30 ribu hingga 35 ribu per tabung.

“Ini sangat memberat bagi kami membeli gas LPG 3 KG di kios- kios dengan harga 30 ribu hingga 35 ribu per pertabung. Padahal harga HET di Pangkalan hanya Rp18 ribu per tabung,” kata Halimah salah sorang warga di Lhoksukon, Aceh Utara, Senin (1/5/2023).

Selama ini, kata Halimah, untuk mendapat gas LPG 3 kg masih kesulitan di pangkalan, karena di pangkalan kuota yang disediakan terbatas.

“Kadang-kadang ada dapat di pangkalan itu pun hanya satu dalam seminggu, jadi jika tidak dapat di pangkalan kami terpaksa membeli di kios-kios dengan harga 35 ribu pertabung,” terangnya.

Namun, kata Halimah, di pangkalan gas LPG 3 kg langka dan susah mendapatkanya. Tetapi di kios-kios sangat mudah didapat dengan harga yang sangat mahal.

“Kami masyarakat kurang mampu sangat memberatkan dengan harga LPG 3 kg yang harganya sangat mahal ini. Semoga pemerintah ada solusi untuk persoalan ini,” ungkapnya.

Menanggapi kondisi ini, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana migas) Wilayah Aceh, Nahrawi Noerdin menilai ada permainan yang dilakukan oknum sehingga LPG 3 kg dijual di kios-kios yang semestinya tidak boleh dijual.

Menurut Nahrawi, harga LPG sudah ditempel di setiap pangkalan yaitu Rp18.000, jika ada yang menjual di atas harga tersebut berarti ada permainan.

“Kita meminta pemerintah kabupaten setempat untuk melakukan pengawasan, bila perlu melakukan sidak sehingga tidak ada yang bermain dengan harga LPG 3 kg tersebut, dan jika ditemukan ada yang menyalahi aturan dapat segera diberi sanksi,” pintanya.

Selain itu, Nahrawi meminta pemkab setempat untuk berkoordinasi dengan Pertamina untuk melakukan operasi pasar sehingga harga LPG 3 kg di kabupaten tersebut sesuai dengan HET.

Shares: