News

Ilham Habibie raih medali emas olimpiade IPS nasional

Ilham Habibie raih medali emas olimpiade IPS nasional
Ilham Habibie raih medali emas olimpiade IPS nasional. Foto: Dok. Dayah Insan Qur'ani

POPULARITAS.COM – Santri Dayah Insan Qur’ani, Kabupaten Aceh Besar kembali menoreh prestasi di kancah nasional. Kali ini, prestasi tersebut diraih oleh Tengku Muhammad Ilham Habibie.

Santriwan Dayah Insan Qurani Aceh Besar itu meraih medali emas pada cabang IPS Kompetisi Sains Pelajar Nasional (KSPN) yang berlangsung pada Senin (17/4/2023).

Raihan prestasi ini diperoleh setelah peserta melewati berbagai tahapan seleksi secara daring yang diikuti oleh mahasiswa, guru, dan siswa mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/MA di seluruh Indonesia.

Berdasarkan informasi dari pengurus Lembaga Pengembangan Prestasi (LPP) Dayah Insan Qurani, total seluruh peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi awal dan berhak untuk berkompetisi berjumlah 99 orang. Dari keseluruhan peserta, 35 orang dengan nilai tertinggi mendapatkan perolehan medali emas.

Keberhasilan santri IQ pada ajang bergengsi ini disambut suka cita keluarga besar Dayah Insan Qur’ani dan menambah torehan prestasi santri dayah yang beralamat di Aneuk Batee, Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar itu.

“Alhamdulillah santri kita Tengku Muhammad Ilham Habibie berhasil meraih medali emas pada cabang IPS Kompetisi Sains Pelajar Nasional, alfu mabrouk untuk anak kami dan selamat telah mengharumkan Aceh dan juga Dayah Insan Qur’ani di kancah nasional, terima kasih atas dedikasinya,” ujar Sekretaris Dayah IQ, Alfirdaus Putra, Selasa (18/4/2023).

Ia berharap torehan hasil yang baik dari kompetisi ini dapat terus menumbuhkan semangat dan minat santri Insan Qur’ani pada bidang Sains dan ilmu pasti lainnya. Mengingat Sains adalah salah satu pilar pendidikan Dayah Insan Qur’ani bersama dengan Tahfizhul Qur’an dan pengembangan bahasa asing yakni Arab dan Inggris.

“Mudah mudahan dengan prestasi ini menambah motivasi para santri lainnya dalam belajar Sains. Kami berdoa agar ke depan lahir tokoh-tokoh sains atau ilmuan Islam seperti Ibnu Sina, Ibnu Haitham, Jabir bin Hayyan, dan sebagainya dari santri kita semua,” kata Alfirdaus didampingi Kepala Lembaga Pengembangan Prestasi (LPP) Dayah Insan Qur’ani, Ustazah Devi Intan Purnawan.

“Sekali lagi, selamat untuk anak kami, tetap semangat dan terus belajar, jangan berhenti disini, jangan pernah merasa puas, tetaplah bersyukur dan rendah hati, dan mudah mudahan capaian ini juga menjadi motivasi bagi santri lain,” pesan Alfirdaus.

Tengku Muhammad Ilham Habibie merupakan santri berprestasi, sebelumnya Putra dari pasangan T Habibie Syahputra dan Mauizah beberapa kali meraih juara pada bidang IPS.

Seperti diketahui, sebelumnya, puluhan santri Dayah Insan Qur’ani telah menorehkan sejumlah prestasi yang gemilang dalam bidang sains di berbagai kompetisi. Di antaranya adalah Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Indonesian Youth Science Competition, Gelora Science Competition, serta berbagai kejuaraan olimpiade antar Madrasah di Provinsi Aceh.

Shares: