NewsTeknologi

Intip Spesifikasi PS5 yang Bakal Rilis pada November

ilustrasi. (ist)

POPULARITAS.COM – Sony telah mengungkap secara resmi waktu peluncuran konsol game generasi baru, PlayStation 5 (PS5). Perusahaan menyatakan bahwa PS5 akan hadir pada November.

Menurut jadwal yang dibagikan di blog PlayStation, PS5 rencananya diluncurkan pertama kali pada 12 November 2020. PS5 akan hadir untuk beberapa wilayah di Amerika Serikat, Jepang, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Sementara wilayah lain harus menunggu sedikit lebih lama untuk perilisan global pada 19 November.

Sejauh ini Sony menghadirkan PS5 dalam dua versi, yakni Standart Edition dan Digital Edition. Keduanya akan tetap menghadirkan pengalaman gaming generasi baru.

Sony mengklaim keduanya mengusung CPU AMD Ryzen “Zen 2” yang memiliki frekuensi variabel 3,5 GHz. Itu jauh lebih cepat dibandingkan PS4 yang menggunakan AMD Core Jaguar 1,6 GHz atau 2,1 GHz untuk versi Pro.

Selain itu, GPU-nya juga ditingkatkan dengan menggunakan custom RDNA 2 yang mendukung variabel frekuensi setara 2,23 GHz. Ini jauh berbeda dengan PS4 yang sebelumnya menggunakan AMD Radeon dan terbatas pada frekuensi 800MHz dan 911 MHz (Pro).

Memori PS5 juga ditingkatkan menjadi 16GB. Dengan perangakat ini mengusung NVMe SSD Slot sebesar 825GB dengan read bandwith 5,5GB/s. Ia juga akan mendukung output video TV 4K 120Hz, TV 8K, dan VRR yang ditentukan menggunakan HDMI ver.2.1.

Sementara untuk pengguna dengan akses PlayStation Plus, Sony akan memberikan penawaran khusus akses game PS4. Adapun pada bulan yang sama, Sony juga meluncurkan beberapa aksesori baru. Masing-masing pengontrol nirkabel Dual-Sense, Headset nirkabel, PULSE 3D, kamera HD, media remote, dan Dual-Sense Charging Station.

Salah satu game yang akan hadir di PS5 ialah Final Fantasy XVI. Game ini terungkap dalam pengumuman Sony PS5.

Belum banyak diketahui tentang game terbaru tersebut, namun setidaknya gamer mendapatkan informasi tentang kehadiran permainan itu.

Informasi selanjutnya tentang game yang akan datang akan terungkap pada 2021. Ini berarti gamer tidak dapat mengharapkan game tersebut dirilis tahun ini, dikutip Ubergizmo.

Sumber: Okezone

Shares: