News

Kapal karam, akhirnya 69 imigran Rohingya dievakuasi ke darat oleh Basarnas di Perairan Aceh Barat

Kisah imigran Rohingya, mencari asa dijemput maut
Tim SAR gabungan akhirnya menemukan dan mengevakuasi 69 imigran Rohingya yang mengapung di perairan Aceh Barat, Kamis (21/3/2024). FOTO : Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Setelah mencari selama beberapa waktu, tim SAR gabungan akhirnya menemukan puluhan imigran Rohingya yang mengapung di perairan Aceh Barat, Kamis (21/3/2024).

Pencarian di hari kedua ini dilakukan sejak pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Tim menemukan 69 pengungsi Rohingya yang masih bertahan di sekitar karamnya kapal yang mereka tumpangi.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain mengungkapkan, 69 orang imigran gelap itu terdiri dari 42 orang laki-laki, 18 orang perempuan dan 9 orang anak-anak.

“Mereka ditemukan pada jarak kurang lebih 21 mil laut dari Pelabuhan Jetty Ujong Karang, Meulaboh sekitar pukul sembilan pagi tadi,” ujarnya.

Al Hussain menjelaskan, proses evakuasi korban berlangsung beberapa jam hingga 12.00 WIB siang tadi. Mereka, kata dia, lalu dibawa ke Pelabuhan Jetty Ujong Karang Meulaboh.

“Untuk korban yang diduga meninggal dunia hingga kini belum ditemukan, di sekitar lokasi tidak terlihat,” ucapnya.

Sejak tiba di lokasi dini hari, tim langsung mencari keberadaan para korban selama beberapa jam dengan menggunakan KN SAR Kresna 232 dan bantuan perahu karet, namun tak membuahkan hasil.

Informasi lainnya yang diperoleh popularitas.com, sementara untuk enam warga Rohingya yang terlebih dulu sudah dievakuasi kemarin kini masih ditangani oleh pemerintah setempat.

Shares: