News

Kondisi harimau yang serang warga di Aceh Selatan berangsur membaik

Kondisi harimau yang serang warga di Aceh Selatan berangsur membaik
Harimau masuk kandang perangkap di kawasan Hutan Simpali, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (4/2/2023). (ANTARA/HO/Dokumen BKSDA)

POPULARITAS.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menyatakan kondisi harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) yang mengalami empat luka parah usai serang seorang warga di Kabupaten Aceh Selatan, kini berangsur membaik.

Tim Medis BKSDA Aceh, Rosa Rika Wahyuni, mengatakan bahwa kondisi satwa menunjukkan progres yang baik setelah menjalani perawatan, mulai dari proses penyembuhan luka, berat badan, hingga respon atau agresifitas satwa.

Namun, tambah dia, kondisinya belum begitu stabil dan masih dalam observasi dan perawatan tim medis.

“Selama masa perawatan, kondisi satwa sudah jauh membaik, lebih berenergi, agresif, serta nafsu makan dan minumnya juga bagus, dibandingkan sebelumnya satwa dalam kondisi lemah dan kurus,” Kata Rosa, Kamis (2/3/2023).

Ia menyampaikan, perawatan yang dilakukan tidak hanya fokus pada penyembuhan luka saja, perawatan kondisi fisiologis dan behavior satwa juga menjadi perhatian tim medis.

“Pemeriksaan perlu dilakukan secara berskala seperti pemeriksaan sampel darah DNA lainnya,” ujarnya.

Hal ini akan menjadi rekomendasi medis layak atau tidaknya satwa untuk dilepasliarkan kembali.

“Namun untuk mengetahui kondisi internis atau fisiologisnya akan dilakukan medical chek up, dengan cara membius, yang mungkin akan dilakukan dalam beberapa waktu kedepan,” tuturnya.

Shares: