Ekonomi

Kreasia  ditunjuk LPDB-KUMKM kembangkan koperasi dan UMKM di Aceh

Kreasia  ditunjuk LPDB-KUMKM kembangkan koperasi dan UMKM di Aceh
Supomo, Dirut LPDB-KUMKM dan Rizki Amelia, Ketua Inkubator Kreasia Aceh, perlihatkan perjanjian kerjasama (PKS) kedua lembaga dalam satu acara di Tangeran Selatan, Banten, Kamis (29/2/2024). FOTO : Kreasia

POPULARITAS.COM – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), resmi menujuk Kreasia sebagai inkubator untuk pengembangan koperasi dan UMKM di Aceh. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS)  kedua lembaga tersebut, yang dilangsungkan di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (29/2/2024).

Dirut LPDB-KUMKM Supomo, saat penandatangan kerjasama tersebut mengatakan, nantinya peran inkubator sangat penting dalam pembinaan, peningkatan kapasitas sektor koperasi dan UMKM guna percepatan penyaluran pembiayaan dan akses modal agar memperluas volume aktivitas perekonomian di Indonesia.

Untuk itu, kata Supomo, pihaknya mengajak para pelaku inkubator yang telah ditunjuk pihaknya dan sudah menandatangani PKS, untuk bisa secepat mungkin bergerak mendorong para koperasi dan UMKM bergabung dengan koperasi sebagai langkah strategis mendapatkan akses pembiayaan yang mudah dari LPDB-KUMKM.

Dia menyebutkan, saat ini lebih dari 50 persen koperasi di Indonesia, tantangan terbesar adalah soal akses pembiayaan LPDB. Untuk itu, penting harus diperkuat dari sisi kelembagaan dan bisisnya.

Sementara itu, Rizki Amelia Ketua Inkubator Kreasia mewakili Aceh, menambahkan, penunjukan pihaknya oleh LPDB-KUMKM untuk proses inkubasi dan sekaligus menfasilitas koperasi dalam hal akses pinjaman dan pembiayaan dana bergulir dari instansi tersebut adalah tantangan tersendiri.

Karna itu, sambungnya, kehadiran Kreasia di Aceh, nantinya diharapkan semakin dapat memperkuat kelembagaan banyak koperasi di provinsi ujung barat Sumatra tersebut. Sekaligus dapat menambah banyak lembaga koperasi di daerah ini mendapatkan akses pembiayaan dan kepercayaan dari LPDB-KUMKM.

Dalam PKS yang berlangsung di Tangeran Selatan tersebut, sebanyak 10 inkubator ditunjuk oleh LPDB-KUMKM, yakni  Kreasi Kolaborasi Indonesia (KREASIA) dari Aceh, Siger Inovation Hub dari Lampung, Cubic Inkubator Bisnis dari Jawa Barat, Business Learning Center dari Jawa Timur, Inkubator Bisnis Universitas Hindu Indonesia dari Bali.

Unbara Business Park dari Sumatera Selatan, Garut Techno Park dari Jawa Barat, Inkubator Unit Bisnis LPPM UNNES dari Jawa Tengah, Hetero Inkubator dari Jawa Tengah, dan Amikom Business Park dari Yogyakarta 

Faisal ilyas Ketua Koperasi Kreasi Kolaborasi Indonesia (Kreasia) adalah koperasinya teman-teman komunitas film, rumah bagi ide, talenta kreatif, dan semangat gotong royong. Kreasia sebagai tempat bagi inovasi, pertumbuhan, dan sukses bersama.  “Kami ingin mengajak teman-teman pelaku seni kreatif untuk bergabung menjadi anggota koperasi ini,” imbaunya.

Untuk itu, mari kita bersatu dalam semangat kerja tim yang kuat, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta saling mendukung dalam pencapaian tujuan kita. Kita semua memiliki peran penting untuk dimainkan, baik sebagai anggota aktif, pemimpin, atau mentor bagi anggota baru, demikian Faisal Ilyas.

Editor : Hendro Saky

Shares: