News

Listrik di Aceh Byar Pet Lagi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Listrik hidup mati (byar pet) kembali terjadi di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar sejak Kamis dinihari, 9 Mei 2019. Kondisi seperti ini sangat mengganggu warga Aceh yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Terlebih, pemadaman listrik justru terjadi pada saat menjelang sahur. Tak hanya itu, arus listrik juga beberapa kali terputus dari Kamis pagi hingga siang tadi.

Murdhani, salah satu warga Lamnga, Aceh Besar mengaku kesal dengan kondisi listrik seperti itu. “Nanggroe teuleubeh ateuh rueng donya. Buka dan sahur lam keadaan matee lampu (negeri terbaik di atas dunia. Buka dan sahur dalam keadaan listrik mati),” keluh Murdhani di laman facebook miliknya, Kamis pagi tadi.

Hal senada juga disampaikan Desi, warga Peurada Banda Aceh. Dia menyebutkan pemadaman listrik kembali terjadi pada Kamis siang. “Sudah beberapa kali dari sejak sahur tadi. Ada apa ya?”

Tak hanya kawasan Aceh, permasalahan listrik juga dialami oleh warga Sumatera Utara yang sedang mengalami ibadah puasa. Dikutip dari teras.id, Manager Komunikasi PLN UIW Sumatera Utara Rudi Artono mengatakan, pemadaman listrik di wilayah Sumatera bagian Utara disebabkan adanya trip (padam terpaksa) di beberapa pembangkit. Dia menyebutkan pembangkit yang dimaksud adalah PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan, serta PLTD AKE. Akibatnya, menurut Rudi Artono, pihaknya harus melakukan recovery dengan waktu yang cukup lama.

“Sedang dilakukan pemulihan bertahap, mohon maaf jika waktu sahur menjadi terganggu,” ujar Rudi.

Dia menyebutkan PLN sudah melakukan pemulihan pada pembangkit listrik Island Inalum yang sudah sinkron dengan Subsistem SBU. Dia berharap dengan pemulihan tersebut semua gardu induk di Aceh sudah recover dan dapat beroperasi kembali.*(BNA/TRS)

Shares: