News

Ma’ruf Amin wakil presiden pertama yang berkunjung ke UIN Ar-Raniry

Ma'ruf Amin wakil presiden pertama yang berkunjung ke UIN Ar-Raniry
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan kepada wartawan di Banda Aceh, Aceh pada Kamis (30/3/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

POPULARITAS.COM – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan peluncuran buku berjudul K.H. Ma’ruf Amin: Bapak Ekonomi Syariah Indonesia itu, berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus tersebut, Kamis (30/3/2023).

Kehadiran Wakil Presiden RI Prof Ma’ruf Amin ke kampus UIN Ar-Raniry menjadi salah satu sejarah penting bagi kampus Jantong Hate Rakyat Aceh ini. Sebab, sepanjang berdirinya kampus Islam terbesar di Aceh ini, baru kali ini Wakil Presiden RI hadir ke kampus Ar-Raniry.

“Semoga kehadiran Bapak Wakil Presiden pada hari ini, akan membawa nuansa baru dan memberikan semangat kepada seluruh civitas akademika. Sebab, sepanjang berdirinya kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh (yang usia nya menginjak 60 Tahun), Prof. Dr. K.H Ma’ruf Amin-lah Wakil Presiden Republik Indonesia yang perdana menginjakkan kakinya di kampus ini,” kata Prof Mujiburrahman dalam sambutannya pada Kuliah Umum Wapres Ma’ruf Amin, Kamis (30/3).

Rektor Mujiburrahman berharap, semoga momentum ini akan menjadi sejarah dan menambah energi bagi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam mewujudkan Pembangunan Pusat Studi Islam Regional dan Pusat Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Islam Regional.

Selain kuliah umum dan peluncurabn buku, beberapa agenda lain Wakil Presiden Prof Ma’ruf Amin di UIN Ar-Raniry, antara lain melakukan penandatanganan prasasti Pusat Studi Halal UIN Ar-Raniry, menyaksikan penandatanganan MoU antara UIN Ar-Raniry dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) terkait Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam rangka Implementasi Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, Wapres RI KH Ma’ruf Amin menyerahkan bantuan BAZNAZ berupa beasiswa pendidikan, secara simbolis kepada tiga mahasiswa, yaitu Nurul Maghfirah, Ramadhani, dan Bahrumsah Bancin.

Penyerahan beasiswa tersebut merupakan pelaksanaan Program Satu Keluarga Satu Sarjana dan Muallaf dengan total nilai beasiswa sebesar Rp.2.785.959.000,- selama satu tahun untuk 198 orang mahasiswa program Diploma-3 dan Strata-1.

Shares: