News

“Masyarakat Miskin Kebanyakan tak Mampu Bayar Pengacara”

LHOKSUKON (popularitas.com) – Banyak masyarakat menengah ke bawah di Aceh yang jarang sekali tersentuh bantuan hukum. Ini disebabkan faktor ekonomi sehingga keadilan yang sangat dibutuhkan tidak terpenuhi.

Demikian disampaikan Ketua Umum LBH Samudera Pase Advokat Muzakir, SH, saat meresmikan kantor tersebut di jalan Medan Banda Aceh, depan SPBU Gampong Meunasah Ranto Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat, 19 April 2019.

“Kehidupan masyarakat kita, umumnya kelas menengah ke bawah, jika ada suatu masalah yang menimpanya dan butuh keadilan, maka untuk membayar pengacara kebanyakan dari mereka tidak mampu,” kata Muzakir.

Selain itu, kata Muzakir, warga dayah yang bermasalah dengan hukum juga jarang sekali mendapat bantua. Dia mencontohkan kasus yang dialami salah seorang guru pengajian di Aceh Utara pada waktu lalu terkait penyebaran video Ma’ruf Amin yang mengucapkan Natal.

“Keadilan bagi warga dayah adalah salah satu upaya kita di LBH ini, karena kita semua tahu, bahwa selama ini tidak ada lembaga hukum yang konsen untuk dayah dan warga dayah,” tambah Ketua I LBH Samudera Pase, Armia.

Armia berharap, masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum tidak segan-segan datang ke kantor LBH Samudera Pase.

“Kita harap masyarakat yang butuh keadilan hukum bisa datang ke kantor, kami juga siap memberi konsultasi hukum serta advokasi, baik litigasi maupun non litigasi,” harapnya.(RIL)

Shares: