News

Muhammadiyah Aceh pusatkan salat Idulfitri di lapangan kampus Unmuha

Ilustrasi - salat Idulfitri (ANTARA)

POPULARITAS.COM – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Aceh memusatkan pelaksanaan salat Idulfitri 1444 Hijriah di lapangan tengah komplek kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) di Banda Aceh.

“Di komplek Unmuha ini pertama sekali kita mengadakan shalat Idul Fitri di lapangan parkir tengah (biasa parkir depan),” kata Wakil Ketua PWM Aceh M Yamin, dikutip dari laman Antara, Jumat (21/4/2023).

M Yamin menyampaikan, pihaknya memilih lapangan tengah kampus Unmuha tahun ini karena lebih luas dibandingkan lahan parkir depan yang biasa digunakan selama ini.

“Karena secara kapasitas lapangan tengah itu bisa dua kali lipat dari lapangan depan. Lebih kurang memuat sekitar tiga ribu jamaah,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Yamin, sudah 11 daerah dari 23 kabupaten/kota se Aceh yang memberikan laporan melaksanakan salat Idulfitri hari ini, dan hampir semuanya melaksanakan di lapangan terbuka.

“Sudah melaporkan 11 daerah dengan 54 lokasi pelaksanaan yang sudah terdaftar sampai malam ini, dan data masih terus masuk,” katanya.

Sejauh ini, persiapan untuk pelaksanaan shalat Idulfitri 1444 H ini sudah mencapai 100 persen. Namun, jika terjadi perubahan cuaca maka akan dikondisikan kembali.

“Rata-rata memang melaksanakan di lapangan, tetapi kalau hujan nanti diarahkan langsung ke masjid,” demikian M Yamin.

Seperti diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat 21 April 2023. Berbeda dengan Pemerintah yang telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Shares: