HeadlineNews

Nova Iriansyah Lantik Teungku Sarkawi Jadi Bupati Bener Meriah

Ilustrasi, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melantik Bupati Bener Meriah Teungku Sarkawi untuk sisa masa jabatan 2017-2022 | Foto: Biro Humas

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah melantik dan mengambil sumpah Teungku Sarkawi menjadi Bupati Bener Meriah, sisa masa jabatan 2017-2022. Pelantikan berlangsung di ruang sidang DPRK Bener Meriah, Selasa, 30 April 2019.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Aceh meminta Pemkab Bener Meriah untuk lebih serius terhadap sektor agorbisnis. Dia juga menantang Pemkab Bener Meriah untuk membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di daerah tersebut.

“Sesuai dengan rencana Menteri Pariwisata RI untuk membentuk Kawasan Ekonomi khusus Pariwisata, saya menantang Pemkab dan seluruh elemen di Bener Meriah untuk membentuk KEK Pariwisata. Potensi agrowisata dan kawasan hutan yang kita miliki tentu sangat mendukung terbentuknya KEK Pariwisata di Bener Meriah,” ujar Plt Gubernur.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur juga mengingatkan bahwa sebagai kepala pemerintahan seorang bupati memiliki kewajiban merangkul semua elemen yang ada, untuk bekerjasama membangun Bener Meriah sehingga segala potensi yang dimiliki dapat dioptimalkan.

“Sebagai Kepala Pemerintahan, saudara adalah milik seluruh elemen masyarakat Bener Meriah, bukan lagi milik partai pengusung. Karena itu, merangkul semua elemen masyarakat Bener Meriah menjadi tanggungjawab saudara. Ingat, hanya dengan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh elemen, maka pembangunan akan berjalan dengan baik di Bener Meriah,” kata Nova.

Sementara itu, selaku pimpinan Pemerintahan Aceh, yang juga merupakan perwakilan Pemerintah Pusat di daerah, Nova menyampaikan beberapa pesan agar Bupati Bener Meriah bekerja dengan sepenuh hati, tulus dan ikhlas, dengan mengedepankan azas transparansi dan akuntabilitas.

“Jalankan program-program pembangunan yang pro rakyat, serta rancanglah penggunaan belanja daerah yang mengutamakan belanja publik,” imbau Plt Gubernur.

Sementara itu, Sarkawi dalam sambutannya mengaku tak mampu membangun Kabupaten Bener Meriah seorang diri. Dia turut mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam upaya membangun dan menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Bener Meriah.

“Mustahil saya dapat membangun Bener Meriah seorang diri. Oleh karena itu, saya akan merangkul semua pihak untuk bersama membangun Bener Meriah. Kami juga siap mendukung dan menselaraskan program pembangunan Bener Meriah dengan visi-misi Pemerintah Aceh,” ujar Sarkawi.

Baca: KPK tetapkan Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah tersangka

Teungku Sarkawi dilantik sebagai Bupati Bener Meriah setelah Hakim PN Tipikor Jakarta memvonis hukuman 3 tahun penjara untuk Ahmadi. Dia ditetapkan bersalah atas kasus suap yang turut melibatkan Irwandi Yusuf, Gubernur nonaktif Aceh.

Ahmadi sebelumnya terpilih sebagai Bupati Bener Meriah berpasangan dengan Teungku Sarkawi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 lalu. Belakangan, sang kepala daerah tersandung kasus hukum dan terpaksa menanggalkan jabatan politiknya setelah vonis dijatuhkan.*(BNA)

Shares: