HeadlineNews

Penyeberangan Ulee Lheue-Balohan Kembali Normal

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kapal penyeberangan dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke pelabuhan Balohan Sabang kembali beroperasi. Sebelumnya akibat cuaca buruk yang terjadi pada Selasa 25 Juni 2019 kemarin, penyeberangan sempat dihentikan.

Plt Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Sayed Syahrul mengatakan, hari ini, Rabu 26 Juni 2019 pelayaran kembali berjalan normal.

“Pagi tadi pada pukul 07.30 WIB kapal feri KMP BRR sudah berlayar dari Banda Aceh menuju Sabang. Sementara kapal ekspres Cantika pada pukul 10.00 WIB juga akan berangkat,” kata Sayed, dikonfirmasi Popularitas.com

Menurutnya, cuaca pada hari ini sudah membaik jika dibandingkan pada Selasa kemarin. Namun pihaknya tidak bisa memastikan apakah kondisi cuaca akan normal hingga sore nanti.

“Kalau pagi ini kita lihat sudah cukup baik, cuaca cerah dan laut tenang. Tidak seperti kemarin angin kencang sehingga menyebabkan gelombang tinggi mencapai 3 meter sehingga kapal hanya jalan sekali pada pagi,” sebutnya.

Menurut Sayed, imbas dari berhentinya penyeberangan Banda Aceh-Sabang atau sebaliknya yang terjadi pada Selasa kemarin, tidak berdampak pada penumpukan penumpang dan kendaraan dengan jumlah yang besar di pelabuhan Ulee Lheue.

“Kalau penumpukan kendaraan dan penumpang tidak banyak, yang gagal berangkat kemarin bisa diberangkatkan pada hari ini semua,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, cuaca buruk melanda perairan Banda Aceh-Sabang sejak Selasa pagi, sehingga otoritas pelayaran menghentikan penyeberangan atas dasar faktor keselamatan penumpang.

BMKG pada tanggal 23-25 Juni 2019 telah mengeluarkan peringatan tingginya gelombang di wilayah perairan Aceh termasuk perairan Banda Aceh-Sabang dengan tinggi gelombang mencapai 3 sampai 5 meter. (ASM)

Shares: