News

Pimpin Safari Ramadhan, Kadis Pertanahan Berikan Bungong Jaroe untuk Masjid Al Ikhlas Aceh Utara

LHOKSUKON (popularitas.com) – Tim Safari Ramadan Pemerintah Aceh untuk wilayah Aceh Utara hari ini berbuka puasa bersama di Masjid Al Ikhlas Teupin Punti, Aceh Utara, Kamis, 16 Mei 2019. Tim ini dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanahan Aceh, Dr. Edi Yandra.

Program Safari Ramadhan yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh memiliki makna strategis. Salah satunya adalah sebagai wadah untuk mempertemukan pihak pemerintah dengan masyarakat. Sebab itulah tim yang terdiri dari pejabat SKPA dan penceramah diminta untuk menyampaikan program yang telah dilakukan Pemerintah Aceh kepada masyarakat.

Program Safari Ramdhan menjadi prioritas setiap SKPA di jajaran Pemerintah Aceh. Hal ini telah diinstruksikan oleh Plt Sekda Aceh, Helvizar beberapa waktu lalu saat melepas Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh tahun 2019 di kantor Gubernur Aceh.

Mereka yang masuk dalam Tim Safari Ramadhan juga diminta untuk menghargai kearifan lokal masyarakat di daerah yang dikunjungi. Hal ini termasuk tata cara beribadah yang menjadi pintu masuk agar tim dapat berbaur dengan masyarakat di daerah kunjungan.

Ada tiga tema ceramah yang diprogramkan Pemerintah Aceh dalam Safari Ramadhan tahun ini. Pertama, tentang konsep kesatuan dan persatuan dalam membangun umat Islam. Selanjutnya tema membangun karakter islami menuju Aceh Meuadab, serta tema terakhir tentang pentingnya tumbuh dan berkembang diri menuju Aceh Carong.

Dalam setiap kunjungan yang dilakukan Tim Safari Ramadhan tersebut, Pemerintah Aceh juga telah menginstruksikan agar adanya bungong jaroe yang diberikan kepada masjid tujuan. Untuk setiap masjid pemerintah menyediakan bungong jaroe sejumlah 14 juta. Total biaya bungong jaroe yang disediakan tiap kabupaten adalah 42 juta.

Atas dasar intruksi tersebut pula, Kadis Pertanahan Aceh turut memberikan sumbangan kepada pengurus Al Ikhlas Teupin Punti, Aceh Utara. Sementara total anggaran yang disediakan Pemerintah Aceh untuk bungong jaroe di seluruh masjid kunjungan berjumlah Rp966 juta.* (SKY)

Shares: