NewsWisata

Pj Walikota Sabang tanam terumbu karang

Pj Walikota Sabang tanam terumbu karang
Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi (kanan) melakukan penanaman terumbu karang di laut kawasan The Hawk's Nest Resort, Kota Sabang, Aceh, Ahad (26/2/2023). (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – Upaya menjaga ekosistem laut di Sabang jadi perhatian penting Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi. Hal tersebut ditandai dengan dirinya secara langsung melakukan penanaman secara langsung terumbu karang di kawasan perairan The Hawk’s Nest Resort.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/2/2023), Reza Fahlevi mengatakan, kelestarian laut Sabang harus dijaga, sebab potensi yang dimiliki daerah ini sebagai sektor pariwisata perairan.

Keberadaan terumbu karang, kata Reza lagi, jadi bagian penting dalam rantai makanan hewan laut, dan keberagaman pesona bawah air di daerah ini sangat ditentukan oleh adanya terumbu karang.

Karna itu, rehabilitasi terumbu karang di sejumlah perairan di Sabang akan jadi perhatian pihaknya. Sebabnya banyak wisatawan datang ke daerah ini untuk diving, dan snorkling.

Penanaman bibit terumbu karang pada Minggu (26/2) sore itu berlokasi di kedalaman 6 meter seputar The Hawk’s Nest Resort bersama beberapa instansi terkait.

Sementara itu, Manager The Hawk’s Nest Resort, Lia Agustina menjelaskan sekitar 350 bibit terumbu karang yang ditanam dalam kegiatan itu, sebagai langkah awal pembaharuan terumbu karang yang telah mati akibat kondisi alam.

“Penanaman ini menjadi penting di tengah isu kerusakan terumbu karang saat ini, baik yang diakibatkan oleh pemanasan global, iklim, maupun tangan-tangan jahil manusia yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta dukungan penuh dari Pemerintah Kota Sabang, para pelaku wisata dan juga seluruh masyarakat untuk terus bersama menjaga dan melindungi terumbu karang, serta kekayaan hayati alam bawah laut Sabang, agar terhindar dari tangan usil manusia. 

Editor : Hendro Saky

Shares: