News

PM Yunani minta maaf terkait insiden tabrakan kereta api tewaskan 57 orang

PM Yunani minta maaf terkait insiden tabrakan kereta api tewaskan 57 orang
Foto yang diabadikan pada 1 Maret 2023 ini menunjukkan lokasi insiden tabrakan dua kereta di Kota Tempi, Yunani. (Xinhua/Leonidas Tzekas)

POPULARITAS.COM – Perdana Menteri (PM) Yunani Kyriakos Mitsotakis, secara resmi meminta maaf kepada warga terkait dengan insiden tabrakan kereta api, yang tewaskan 57 orang yang terjadi di negara itu.

Permohonan maaf itu, Ia sampaikan Minggu (5/3/2023) dikutip dari Kantor Berita Xinhua. “Sebagai Perdana Menteri, saya berhutang kepada semua orang. Terutama pada keluarga korban,” katanya.

Ini kesalahan negara, sambungnya. Sebagai Perdana Menteri saya menyampaikan permohonan maaf, baik atas nama pribadi, maupun pemerintahan.

Sementara itu, pihak keamanan Yunani, telah menahan seorang kepala stasiun, dan didakwa atas pembunuhan, dan kelalaian yang sebabkan tabrakan langsung antara kereta penumpang dan barang yang terjadi pada Selasa (28/2/2023) lalu.

Mitsotakis menegaskan kembali bahwa keadilan akan ditegakkan menyusul penyelidikan yang sedang berlangsung dan langkah-langkah cepat akan dilakukan untuk meningkatkan keselamatan dalam perkeretaapian Yunani.

Pemerintah akan meminta Komisi Eropa dan negara-negara anggota Uni Eropa (UE) lainnya untuk membantu memberikan pengetahuan, serta dana tambahan Eropa untuk meningkatkan sistem perkeretaapian Yunani, ujarnya.

Pada Minggu yang sama, ribuan orang melakukan protes di depan parlemen dalam aksi unjuk rasa yang digelar oleh partai politik dan serikat buruh, lapor kantor berita nasional Yunani AMNA.

Menyusul tragedi tersebut, serikat buruh pekerja perkeretaapian mengatakan mereka telah memperingatkan banyak pejabat mengenai kekurangan kronis yang telah berlangsung lama dalam operasional jaringan perkeretaapian, seperti kekurangan staf dan kurangnya sistem keselamatan yang memadai.

Editor : Hendro Saky

Shares: