News

Puncak Arus Mudik dari Banda Aceh Diperkirakan H-3 Lebaran

Petugas memeriksa barang penumpang di salah satu bus antar kota antar provinsi di Terminal Batoh, Banda Aceh | Foto: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Arus mudik dari ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh, memasuki H-6 lebaran tampak belum terlalu signifikan. Diperkirakan pemudik mulai ramai pada H-3 lebaran.

Kepala Terminal Tipe A Batoh, Banda Aceh, Heriyanto menuturkan, penumpang yang mudik dari Banda Aceh biasanya didominasi pemudik dengan tujuan Medan, Sumatera Utara dan daerah sekitarnya.

“Pemudik terbanyak rata-rata Banda Aceh-Medan. Kalau sekarang H-6 belum terlalu signifikan, per hari rata-rata hanya mengalami kenaikan 2 persen. Diperkirakan puncak arus mudik di Aceh H-3 mendekati lebaran,” tutur Heriyanto, Rabu, 29 Mei 2019.

Dia mengatakan, sejak sepakan lalu Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh juga telah melakukan pemeriksaan kelaikan mobil angkutan bus antar kota dan antar provinsi.

“Tim turun ke lapangan mengecek kelayakan mobil dari rem, ban, dan semuanya diperiksa demi keselamatan penumpang. Dipastikan insyaAllah layak,” katanya.

Selain itu, untuk menjaga keselamatan saat perjalanan mudik lebaran, pihaknya mengimbau para pemudik jangan takut menegur sopir yang mengendarai bus secara ugal-ugalan.

“Saling mengingatkan dan menegur apabila sopir membawa dalam kecepatan tinggi atau ngantuk. Ingatin saja,” ujarnya. (ASM)

Shares: