HeadlineNews

Pusdatin Serahkan Data Lokasi Migas ke Pemerintah Aceh

Pusat Data Informasi (Pusdatin) melakukan serah terima data hulu migas dalam bentuk digital kepada Pemerintah Aceh | FOTO: ist

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Indonesia melalui Pusat Data Informasi (Pusdatin) melakukan serah terima data hulu migas dalam bentuk digital kepada Pemerintah Aceh melalui kepala bidang Minyak dan Gas Dinas ESDM Aceh. Serah terima ini dilakukan di Ruang Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh, Rabu 17 Juli 2019.

Kepala Bidang Minyak dan Gas Dinas ESDM Aceh, Dian Budi Darma menyambut baik terkait pengelolaan data migas kepada Pemerintah Aceh tersebut. Namun demikian dalam perjalanannya nanti, pihaknya menginginkan adanya komunikasi lebih lanjut mengenai teknis penyimpanan.

“Untuk mekanisme pengelolaan hingga penyediaan data, kami harap adanya komunikasi termasuk soal fasilitas yang diperlukan untuk penyimpanan data semisal pembuatan fasilitas pendukung dan lain sebagainya” kata Budi.

Terkait keterbukaan data, Kepala Pusdatin ESDM Agus Cahyono Adi berharap data tersebut bisa membantu untuk menambah kegiatan eksplorasi yang nantinya bisa membantu meningkatkan iklim investasi Migas di Aceh.

“Data merupakan media untuk mencari minyak dan gas. Informasinya agar bisa membantu pemerintah supaya cadangan dalam perut bumi bisa dikelola dengan lebih baik,” jelas Agus.

Sementara itu, Plt Kepala BPMA, Azhari Idris menyambut baik kegiatan serah terima data hulu migas ini yang diharapkan bisa membawa impact positif untuk pengelolaan migas diAceh. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Aceh dalam meningkatkan investasi, khususnya disektor Migas.

Dengan adanya kemudahan akses data, Azhari mengatakan, bahwa hal ini adalah sebuah privilege bagi Aceh agar dapat melakukan pengelolaan data hulu migas sendiri. Hal ini juga dinilai dapat menunjang kinerja BPMA selaku lembaga pengelola migas di Aceh untuk melakukan studi atau kajian eksplorasi dan menambah potensi Migas yang nantinya bisa membantu meningkatkan iklim investasi Migas di Aceh.

“Data-data tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk kajian-kajian baik itu untuk eksplorasi maupun ekploitasi di Aceh Bersama civitas akademika di Aceh,” ujarnya.

Kegiatan serah terima data hulu Migas ini dihadiri oleh Kepala Pusdatin ESDM, Agus Cahyono Adi, Direktorat Jenderal Hulu Migas ESDM, Al Azni Surya, Kepala Bidang Minyak dan Gas Dinas ESDM Aceh, Dian Budi Darma, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Azhari Idris dan Deputi Perencanaan dan Operasional, Teuku Muhammad Faisal. (ASM)

Shares: