News

Seekor Buaya Gigit Warga Peunaron Saat Menjala Ikan

Saat cari ikan, warga Aceh Timur diserang buaya
Ilustrasi buaya muara | Foto: Tribunnews

BANDA ACEH (popularitas.com) – Daim, salah satu warga Peunaron Aceh Timur disebutkan mengalami sobekan di kaki kanan akibat diterkam seekor buaya, di sungai Peunaron, Aceh Timur, Minggu, 21 April 2019 malam.

“Iya benar, ada warga yang diterkam buaya di Peunaron Minggu malam sekitar pukul 20.00 WIB,” ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, Senin, 22 April 2019.

Selain luka sobek, tangan kanan Daim juga patah karena terkaman buaya. Kejadian tersebut terjadi pada saat Daim hendak menjala ikan di alur sungai kawasan Dusun Dataran Indah Rt 5 (DK 1) Desa Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron.

Dia mengaku informasi tersebut baru diterimanya tadi siang. Saat ini, pihaknya sudah meminta Tim BKSDA di Aceh Timur untuk cek ke tempat kejadian perkara.

Sapto mengatakan pihaknya masih menunggu informasi terbaru dari tim di lapangan. Namun, kata dia, jika melihat lokasi konflik diketahui kawasan tersebut berjarak 2 kilometer dari pemukiman penduduk.

“Ini kejadian kedua (konflik buaya dengan manusia) di kawasan yang sama,” kata Sapto.

Dia mengimbau warga di kawasan Peunaron untuk menghentikan aktivitas di dekat alur sungai menjelang sore. Pasalnya, kata Sapto, reptil berdarah dingin tersebut menjadi lebih aktif di waktu petang hingga malam hari.

Saat ditanya langkah apa yang bakal dilakukan BKSDA terkait konflik satwa liar dengan manusia di Peunaron tersebut, Sapto Aji mengatakan, “Jadi warga diharapkan lebih hati-hati dan meminimalisir kegiatan di malam hari. Langkah ke depan kita hanya dapat menyosialisasikan saja karena Peunaron merupakan salah satu habitat alami buaya muara.”* (BNA)

Shares: