InsfrastrukturNews

Sumbangan rakyat Aceh bangun Masjid An-Nur di Palu

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meletakkan batu pertama sebagai pertanda dimulainya pembangunan Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

BANDA ACEH (popularitas.com) : Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meletakkan batu pertama sebagai pertanda dimulainya pembangunan Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pagi tadi, Pak Nova sendiri yang meletakkan batu pertama pembangunan Masjid An-Nur di Lombok,” ucap Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Aceh, Nasir Nurdin melalui sambungan telepon seluler dari Banda Aceh, Sabtu.

Dalam acara pembangunan kembali Masjid An-Nur tersebut dihadiri sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Aceh, Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar, arsitek masjid Dr Ing Andry Widyowijatnoko, ST, MT, merupakan dosen Institut Teknologi Bandung, dan tokoh masyarakat setempat.

Nova disambutannya ditirukan oleh Nasir mengatakan, masjid ini mengalami hancur total, dan hari ini dibangun kembali dengan memanfaatkan donasi masyarakat, dan Pemerintah Aceh akibat gempa tanggal 5 Agustus 2018.

Rumah ibadah bagi umat muslim berjarak sekitar 45 kilometer disebelah Utara dari Kota Mataram ini, merupakan salah satu dari sekitar 300 lebih masjid di Lombok Utara yang hancur karena gempa berkekuatan 7,0 skala Richter menjelang pelaksaan shalat Isya.

“Sehari pascagempa, Pak Nova Iriansyah langsung menyerukan aksi solidaritas semua elemen masyarakat. Melalui aksi ‘Aceh Peduli Lombok’ terkumpul dana sekitar Rp1,2 miliar untuk membangun kembali Masjid An-Nur,” katanya.

“Masjid ini merupakan amanah masyarakat Aceh yang dirancang aman gempa, dan ramah terhadap lingkungan. Bangunannya menerapkan struktur bangunan bambu dengan prinsip resiprokal, yakni elemen-elemen yang saling menopang antara satu dengan lainnya,” ucap Nasir menirukan Nova.

Andry Widyowijatnoko, arsitek Masjid An-Nur menjelaskan, rumah ibadah ini dengan menggunakan konstruksi bangunan dari beton, dan bagian atap terdiri beberapa rangka bambu persegi panjang membentang sejauh 18 meter.

“Insya Allah, masjid ini kita harapkan selesai pembangunannya dalam waktu enam bulan,” kata sang arsitek.

Bupati Lombok Utara, Najmul Ahyar mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Aceh yang telah membantu pembangunan kembali Masjid An-Nur di wilayah tersebut.

“Saya minta pesetujuan masyarakat, dan tokoh-tokoh ulama di sini. Untuk tambahkan nama masjid ini, menjadi Masjid An-Nur Aceh,” kata Bupati Najmul Ahyar disambut tepuk tangan para hadirin. (aceh.antaranews.com)

Shares: