News

Tips Menggunakan Mesin Potong Rumput Biar Aman

POPULARITAS.COM – Memiliki pekarangan rumah yang rapi adalah impian setiap orang, terutama ibu rumah tangga. Semak belukar serta rumput liar yang tumbuh di pekarangan rumah sering kali mengganggu keindahan rumah.

Salah satu cara agar pekarangan tetap terjaga adalah dengan memotong rumput secara rutin. Di zaman yang serba canggih ini, pemotongan rumput sudah bisa dilakukan menggunakan mesin potong rumput gendong.

Mesin potong rumput gendong cukup mudah ditemui di pasar. Dilihat di Bukalapak.com, mesin potong rumput gendong memiliki harga bervariasi, mulai Rp1 juta hingga Rp3 juta, tergantung kualitasnya.

Mesin jenis ini, selain modelnya yang sangat pas di punggung, juga sangat mudah digunakan. Namun, bagi Anda yang belum tahu cara mengoperasikannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Dilansir dari tehnikmesin.com, sebelum menggunakan mesin potong rumput gendong, ada beberapa hal yang mesti harus disiapkan. Yaitu bahan bakar bensin campur dan pengasah mata motong. Dan untuk langlah-langkah menggunakan mesin potong rumput yaitu :

  1. Isikan bensin campur (perpaduan bensin dan oli samping) ke dalam tangki bahan bakar mesin potong rumput. Kemudian buka penuh kran bensin agar bensin dapat mengalir ke karburator.
  2. Pasang mata potong yang telah diasah terlebih dahulu. Untuk cara pemasangannya, lepaskan baut tempat dudukan mata potong ke arah kanan (drat kiri). Kemudian, tempatkan mara potong tepat pada lubangnya dan jangan sampai geser. Kemudian, kencangkan bautnya hingga benar-benar kencang.
  3. HIdupkan mesin potong rumput. Caranya yaitu dengan menutup choke terlebih dahulu, kemudian tarik recoil starternya. Setelah mesin hidup, kembalikan chokenya ke posisi terbuka.
  4. Gendong mesin potong rumput seperti menggendong tas. Kemudian pegang gagang pemotong dengan tangan kanan.
  5. Arahakan mata potong ke rumput yang akan dibabat. Kemudian, tekan tuas gas dan mesin potong rumput siap bekerja.

Editor: dani

Shares: