EkonomiNews

Uang tunai Rp4 triliun disiapkan hadapi Idulfitri 1444 H di Aceh

Tersangka korupsi di Sabang kembalikan kerugian negara Rp300 juta
Ilustrasi uang. Foto: CNN Indonesia

POPULARITAS.CCOM – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Aceh menyiapkan uang tunai Rp4 triliun dalam menghadapi Ramadhan dan Idulfitri 1444 Hijriah di daerah setempat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan uang pecahan besar dan kecil karena BI Aceh telah menyiapkan uang secukupnya,” kata Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Rony Widijarto P dikutip dari laman Antara, Selasa (28/3/2023).

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela Pembukaan Semarak Rupiah Ramadan & Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 di Wilayah Kerja KPw BI Provinsi Aceh Tahun 2023 di halaman depan kantor bank sentral itu di Banda Aceh, kemarin.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kerja sama kegiatan pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

Ia mengatakan untuk penukaran uang, BI Aceh bekerja sama dengan perbankan, BPRS dan PT Pos Indonesia dengan membuka layanan penukaran uang yang tersebar di 47 jaringan kantor cabang dari 13 perbankan syariah, 2 BPRS dan 1 PT Pos Indonesia di wilayah kerja KPw BI Provinsi Aceh yang dimulai dari periode 28 Maret sampai 18 April 2023.

Lebih rinci ia mengatakan masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang melalui layanan kas keliling BI, perbankan dan BPRS.

Adapun layanan Kas Keliling Bersama berlokasi di halaman Parkir Barata dari hari Senin sampai Kamis tanggal 10 sampai 18 April 2023 mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

Ia mengatakan untuk menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan dapat melakukan pemesanan penukaran uang dengan menggunakan Aplikasi Pintar (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir di lokasi.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk turut berperan serta dalam mengajak masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dengan mempopulerkan Edukasi CBP Rupiah.

Shares: