Feature

Ziarah ke makam Sang Abu

Ziarah ke makam Sang Abu
Bustami Hamzah saat meniziarahi makam ayahnya Tgk Hamzah, Jumat (12/4/2024). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Teuku Hamzah bin Teuku Agam dikebumikan di Gampong Nicah, Grong-grong, Pidie. Almarhum adalah orang tua dari Bustami Hamzah. Usai jalani aktivitas silaturahmi di Banda Aceh, lelaki yang saat ini menjadi pemimpin nomor satu di pemerintahan provinsi ujung barat Sumatra tersebut, berziarah ke makam Sang Abu—sebutan karib orang tua lelakinya tersebut.

Di pusara Sang Abu, Bustami Hamzah siramkan air dan panjatkan doa. Ia ditemani Mellani Subarni, istrinya dan dua putranya yang masih kecil. Dipermakaman tersebut, tampak pula Tgk Sulaiman, pimpinan Dayah Qaryatul Huda Gampong Nicah.

Ziarah ke pemakaman Sang Abu, dilakukan Bustami Hamzah usai dirinya sholat jumat. Cukup lama lelaki tersebut berada di pusara ayah tercintanya itu. Lamat-lamat untaian doa mengalir dari mulutnya, bulir air mata tampak dipelupuk matanya, seperti Ia terkenang masa-masa kecil bersama almarhum.

Sejarak dengan pusara Sang Abu, terdapat pula satu makam lainnya, Bustami Hamzah pun bergerak ketempat itu. Di situ dikebumikan Teuku Bukhari bin Teuku Hamzah yang merupakan abang kandungnya.

Usai berziarah, Pj Gubernur langsung menuju rumah orang tuanya yang berjarak sekitar 700 meter. Sesampai di rumah, rombongan disambut ratusan warga yang sudah menunggu kedatangan putra daerah terbaik Gampong Nicah yang kini memimpin Aceh. Di rumah inilah, H Bustami Hamzah dilahirkan dari pasangan almarhum Teuku Hamzah dan Hj Hendiah (87) pada tanggal 22 Juli 1967.

Sepanjang siang hingga sore tadi, Pj Gubernur Aceh H Bustami Hamzah bercengkraman dengan sanak famili dan kerabat dekat, serta teman lama semasa kecil. Suasana begitu hidup penuh tawah dan canda gurau, bahkan  tak terlihat batas antara sosok H Bustami Hamzah yang kini menjadi orang nomor satu di Aceh dengan warga Nicah. Pj Gubernur dijadwalkan berlebaran dengan warga Grong-Grong dengan melakukan open house dikediaman orang tuanya di Gampong Nicah hingga, Sabtu (13/04/2024) sore.

Shares: