News

1.200 Rumah Tangga Miskin di Aceh Dapat Sambungan Listrik Gratis

Pemerintah Perpanjang Pemberian Keringanan Biaya Listrik
Ilustrasi, Pemerintah memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, Sosial dan Bisnis Kecil 450 VA hingga Oktober 2020.(Antara

POPULARITAS.COM – 1.200 rumah tangga miskin dan tidak mampu di Aceh bakal dipasang jaringan listrik gratis oleh PLN. Program tersebut dilakukan untuk menyalurkan CSR perusahaan listrik tersebut.

“Pemberian bantuan program CSR berupa pemasangan listrik gratis ini bukan hanya dilakukan secara seremonial belaka, namun kami lakukan dengan sungguh-sungguh dan dilakukan secara selektif sehingga bantuan yang diberikan ini bisa menaikkan nilai ekonomi warga tidak mampu,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi seperti dilansir laman Detik.com, Rabu (14/10/2020).

Jefri menjelaskan, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan program bantuan sosial perusahaan yang diberikan kepada kelompok maupun masyarakat. Penerima diseleksi dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan perusahaan dan pemerintah.

PLN sudah menetapkan kriteria penerima bantuan tersebut. Jefri menjelaskan kualifikasi paling utama yaitu mengikuti data yang ada pada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemisikinan (TNP2K).

“Berdasarkan data yang kita terima melalui TNP2K, tim akan melakukan survei kembali ke rumah masyarakat tidak mampu penerima bantuan, untuk memastikan ketersediaan jaringan, agar bisa eksekusi langsung kita,” ujarnya.

Menurutnya, PLN Aceh mendapatkan dropping anggaran tambahan dari PLN Pusat untuk tahun 2020 sebesar Rp.886 juta. Anggaran itu untuk melistriki 1.200 rumah tangga miskin dan tidak mampu yang tersebar di seluruh Tanah Rencong.

“InsyaAllah dalam waktu dekat program ini kita segera merealisasikannya,” ungkap Jefri.

Editor: dani

Shares: