HeadlineNews

1 Juta Warga Aceh Rawan Terpapar Covid-19

WHO Menilai Rasio Kematian Covid-19 0,6 Persen Cukup Tinggi
Pasien Corona. ©2020 Merdeka.com/Antara

POPULARITAS.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh mencatat bahwa ada sekitar 1 juta warga di Bumi Serambi Mekkah rawan terpapar Covid-19. Data ini merupakan hasil hitungan IDI Aceh.

“Yang paling mengkhawatirkan IDI Aceh, bahwa ada 1 juta penduduk Aceh menjadi rawan apabila terserang Covid-19, mereka adalah yang memiliki komofit, kita sudah menghitung angka itu,” kata Safrizal dalam konferensi pers via zoom, Rabu (9/9/2020).

Ia menjelaskan, data itu berani disebutkan, setelah pihaknya melakukan konfirmasi pada pada dokter ahli di berbagai bidang penyakit di Aceh. Para ahli bahkan memprediksi angka tersebut bisa saja melewati angka 1 juta.

“Dan kita sepakat setelah melakukan konfirmasi kepada para ahlinya, bahwasanya angka ini mencapai bahkan lebih 1 juta orang. Termasuk di dalamnya mereka yang menderita diabetes, hipertensi, penyakit jantung lain, gagal ginjal, penyakit paru dan obositas,” sebutnya.

Menurut Safrizal, kelompok seperti itu sangat rawan jika terpapar Covid-19, salah satunya yakni meninggal dunia. “Kelompok ini adalah kelompok orang-orang yang memiliki penyakit penyerta bila terkena Covid-19, bisa berakibat fatal,” jelas Safrizal.

Karena itu, kata Safrizal, pemerintah harus melahirkan langkah-langkah konkrit dalam menanggapi persoalan tersebut. Pemerintah juga harus melakukan tes masif dengan metode standar swab PCR, sehingga akan menemukan banyak kasus positif di masyarakat.

“Pemerintah harus melakukan upaya terstruktur, dengan melibatkan seluruh kompoten masyarakat, termasuk di dalamnya, para tokoh, ulama, melibatkan universitas, dalam perang melawan Covid-19, dengan strategis yang jelas,” pungkasnya.

Selain itu, IDI Aceh juga memohon kepada masyarakat untuk membantu pemerintah dalam melawan pandemi Covid-19. Bantuan ini dapat dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan, seperti cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan lain sebagainya.

“IDI yakin langkah dan upaya di atas bisa mengendalikan pandemi Covid-19 di Aceh,” pungkasnya.

Editor: dani
Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: