News

12 ABK Sumber Mas ditemukan terkatung-katung di laut

Petugas evakuasi 12 ABK Kapal Motor Nelayan Sumber Mas yang tenggelam di perairan timur Pulau Sapeken, Rabu (24/1/2024). (Beritasatu.com/Didik Setia Budi)

POPULARITAS.COM – Petugas gabungan Basarnas dan Satpolairud Polres Sumenep berhasil menemukan 12 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Nelayan Sumber Mas yang tenggelam di perairan timur Pulau Sapeken, Provinsi Jawa Timur pada Rabu (24/1/2024).

ABK yang ditemukan selamat ini terkatung-katung di laut dengan menggunakan papan kayu dan drum.

Kapal nelayan Sumber Mas sebelumnya dinyatakan tenggelam pada Sabtu (20/1/2024) akibat mengalami kebocoran mesin.

“KN SAR 249 Permadi berhasil menemukan 12 ABK kapal nelayan, 3 masih hilang. Sementara evakuasi ke Pelabuhan Kalianget belum bisa dilakukan karena kondisi ombak masih tinggi,” ujar Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Rabu (24/1/2024), dikutip dari beritasatu.com, jaringan popularitas.com.

Menurut Widi, pihaknya dan Basarnas masih terus melakukan pencarian 3 ABK lainnya yang masih hilang.

“Ke 12 korban ini awalnya ditolong oleh tugboat Kharisma yang kebetulan melintas di perairan tersebut. Kondisinya lemah karena hampir 4 hari terombang ambing di laut,” imbuhnya.

Kapal motor nelayan Sumber Mas berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Saat bocor dan tenggelam, kapal yang diawaki 15 ABK ini sedang dalam perjalanan pulang ke dermaga Lamongan.

Shares: