News

16 orang tersesat di Gunung Gede Pangrango

Petugas SAR menemukan 16 orang yang tersesat di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, Senin (29/1/2024). Foto: Basarnas

POPULARITAS.COM – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menyampaikan bahwa 16 orang yang pada Minggu (28/1/2024) sore dilaporkan tersesat di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, ditemukan dalam keadaan selamat pada Senin (29/1/2024).

Menurut Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Agung Priambodo, mereka ditemukan di saung milik warga Pasir Pogor, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

“Berhasil ditemukan siang ini pada ketinggian 1.238 mdpl dengan kondisi dua orang dalam kondisi terkilir kakinya dan 14 orang sisanya dalam keadaan aman,” katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Kantor Pencarian dan Pertolongan, Senin (29/1/2024).

Menurut Agung, mereka sudah mendapat pertolongan medis yang diperlukan dari petugas Puskesmas Citapen di Kantor Resor Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Tapos, Kabupaten Bogor.

Dia menyampaikan bahwa sebelumnya ada 13 orang yang dilaporkan tersesat di Gunung Gede Pangrango, tetapi kemudian diketahui bahwa ada 16 orang berumur 12 sampai 56 tahun yang tersesat di sana.

Sebanyak 16 orang dilaporkan mendaki Gunung Gede Pangrango untuk berziarah pada Sabtu (27/1) sekitar pukul 16.00 WIB.

Mereka mendaki dari Kulah Dua, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, dan menginformasikan kepada keluarga bahwa mereka akan turun dari gunung pada Minggu (28/1) sore.

Namun, mereka tersesat saat hujan lebat turun. Keluarga mereka kemudian melapor ke petugas SAR untuk meminta pertolongan.

Petugas SAR lantas diturunkan untuk mencari orang-orang yang dilaporkan tersesat di Gunung Gede Pangrango.

Petugas SAR menyisir area pendakian pada Senin sekitar pukul 02.30 WIB dan menemukan mereka saat menyusuri jalan setapak yang bermula dari Kulah Dua.

Shares: