News

2020 Warga Aceh Dirapid Test Massal Hingga 15 Juni

Dosen Politeknik Lhokseumawe Reaktif Covid-19 Meninggal di Aceh Utara
Ilustrasi, Rapid test. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Plt Gubernur Aceh menginstruksikan ke kepala dinas kabupaten kota di Aceh untuk menggelar rapid test secara massal kepada warga dan swab test. Hal itu untuk mempercepat era new normal di tanah rencong.

Instruksi tertuang dalam nomor 10/INSTR/2020 tentang percepatan pelaksanaan pemeriksaan Covid-19 melalui rapid test dan swab test di seluruh Aceh.

Rapid test massal itu juga untuk pemetaan sebaran virus corona (Covid-19) di Aceh. Untuk itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memerintahkan segera kepala dinas kesehatan kabupaten kota dan direktur rumah sakit umum daerah untuk melaksanakan pemeriksaan Covid-19 melalui rapid test dan swab.

Kemudian dalam surat itu, ia juga memerintahkan tenaga medis di bawah kewenangan dinas kesehatan untuk melaksankana screening sesuai metode surveilans. Dan melaksanakan pencegahan dan antisipasi penularan Covid-19 untuk kepentingan non medis di setiap rumah sakit umum daerah.

“Pelaksanaan pemeriksaan covid 19 melalui rapid test dan swab baik untuk kepentingan medis maupun non medis tidak dikenakan biaya,” tulis surat intruksi tersebut yang dikutip popularitas, Senin, 8 Juni 2020.

Selain itu, Nova Iriansyah juga memerintahkan kepala dinas kesehatan kabupaten kota untuk melakukan kordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, terkait ketersediaan alat pemeriksaan Covid-19 melalui rapid test dan swab.

Dari draft jadwal instruksi tersebut, pemeriksaan Covid-19 di Aceh akan berlangsung dari tanggal 3 Juni hingga 15 Juni.

Sasarannya ialah, Perkantoran sebanyak 3200, Dayah 6700, Pedagang 4400, Super Market/Mall 2350 dan petugas kebersihan 3550. Sehingga totalnya 20200. (dani)

Shares: