HeadlineNews

21 Juni Gerhana Matahari Parsial Melintasi Langit Aceh

21 Juni Gerhana Matahari Parsial Melintasi Langit Aceh
Ilustrasi gerhana matahari. Foto CNNIndonesia

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, H Saifuddin mengatakan, diperkirakan Minggu (21/6/2020) mendatang akan terjadi fenomena gerhana matahari parsial melintasi langit Aceh.

Kanwil Kemenag Aceh juga akan mengamati fenomena gerhana matahari parsial. Namun tetap akan memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yaitu hanya melakukan pengamatan secara internal saja.

“Ke depan kami akan melakukan pengamatan gerhana matahari pada 21 Juni 2020 setelah zuhur pada pukul 13.18 WIB,” kata Saifuddin, Sabtu (6/6/2020).

Saifuddin meminta kepada masyarakat agar fenomena gerhana matahari jangan dikaitkan dengan musibah pandemi Covid-19 atau musibah lainnya. Melainkan ini merupakan tanda kekuasaan Allah Swt.

“Saat gerhana matahari nanti dianjurkan untuk salat gerhana matahari serta memperbanyak istighfar dan sedekah,” ungkapnya.

Sebelumnya Kanwil Kemanag Aceh juga telah melakukan pemantauan fenomena gerhana bulan penumbra yang melintasi langit Aceh Sabtu (6/6/2020). Namun tidak terlihat karena terhalang awan cirrostratus (awan tipis) yang memenuhi daerah pandang langit.

Gerhana ini terjadi selama 3 jam 19 menit dimulai pukul 00.45 WIB, Sabtu (6/6/2020). Puncaknya terjadi pukul 02.24 WIB dan berakhir pada pukul 04.04 WIB. Namun karena terdapat awan tipis, fenomena alam ini tak dapat terlihat di bumi Serambi Makah.

Ia mengatakan, pengamatan gerhana bulan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, akibat wabah virus corona, pengamatan dilakukan terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.

“Ini karena lagi pandemi pantauan terbatas, khusus internal saja, harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan WHO dan Kemenkes itu. Sebelumnya kita buka untuk umum dan pernah kita lakukan salat khusuf di sini,” kata Saifuddin.[acl]

Shares: