News

3 Kecamatan Aceh Besar tak Tersuplai Air Bersih

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kolam Mata Ie yang berada di Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar kembali mengalami kekeringan dalam beberapa hari terakhir. Amatan di lokasi terlihat kolam yang menjadi sumber air bersih bagi tiga kecamatan di Aceh Besar tersebut kering hingga ke dasar.

“Pengaruhnya mungkin karena bersamaan dengan musim tanam, dan juga curah hujan yang berkurang,” kata Kabag Teknis dan Produksi PDAM Tirta Montala, Salman, Rabu 24 April 2019.

Salman menuturkan, kekeringan kolam Mata Ie ini merupakan kali ketiga yang terjadi sejak 2017 lalu.

Akibatnya, tiga kecamatan merasakan dampak dari kekeringan tersebut. Penyaluran air bersih ke rumah warga tidak berjalan maksimal seperti biasanya.

“Tiga daerah terkena dampak yaitu Kecamatan Darul Imarah, Peukan Bada dan sebagian Kecamatan Lhoknga,” tuturnya.

Kondisi tersebut, tambah Salman, juga membuat kapasitas air yang biasanya tersedia sebanyak 140 liter per detik, kini menurun drastis menjadi 60 liter per detiknya.

Karena itu pihaknya sedang mengakali alternatif lain untuk penanganan air bersih bagi tiga kecamatan tersebut. Salah satu caranya adalah menyuplai air dari WTP Siron yang bersumber dari Lambaro, dengan mengandalkan air dari Krung Aceh.

“Di Lambaro sebenarnya juga kesulitan, tetapi kita akan suplai secara bergelirin hingga bisa terbagi sedikitnya air bersih untuk tiga kecamatan itu,” pungkasnya.*(ASM)

Shares: