News

3 Rumah Kos Terbakar di Banda Aceh

kebakaran. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kebakaran melanda toko 3 pintu yang difungsikan sebagai rumah sewa atau kos mahasiswa di kawasan Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Selasa, 11 Agustus 2020 pagi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Rizha mengatakan, kos itu merupakan milik Samiun (60). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.06 WIB ini membuat Samiun terkejut, setelah gumpulan asap mencapai rumahnya yang berada persis di samping kos tersebut.

“Bapak Samiun menyatakan bahwa di tengah istirahat ia dikejutkan oleh asap dan bau yang menyengat berasal dari samping rumahnya,” ujar Rizha dalam keterangannya, Selasa, 11 Agustus 2020.

Setelah terbangun, kata Rizha, pemilik kos langsung memastikan asal muasal asap dan bau tersebut sehingga didapati toko 3 pintu samping rumahnya dalam keadaan terbakar. Selama ini, kos tersebut dihuni oleh sejumlah mahasiswa.

“Toko itu tempat kos anak mahasiswa berjumlah enam kamar dalam keadaan kosong karena anak kos (mahasiswa) pulang kampung halaman,” jelas Rizha.

Kata Rizha, setelah melihat kos miliknya terbakar, Samiun panik dan meminta bantuan warga sekitar. Dalam waktu bersamaan, warga juga menghubungi pemadam kebarakan Kota Banda Aceh.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor DPKP Kota Banda Aceh, petugas piket mengerahkan armada pemadam pos Pango sebanyak 1 unit dan posko induk 2 unit.

“Sekiran pukul 04.40 WIB api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan. Setelah kondisi aman terkendali armada kembali ke posnya pukul 05.30 WIB,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: