News

40 hafidz Aceh lulus tes polisi, terbanyak dari Dayah Insan Qur’ani

Tujuh santri dan alumni Dayah Insan Qur'ani penghafal Alquran lulus seleksi calon Bintara Polri tahun anggaran 2022 melalui rekrutmen proaktif (Rekpro). Pimpinan pesantren bangga dengan capaian anak didik mereka.
Alumni Dayah Insan Qur'ani yang lulus seleksi calon Bintara Polri tahun anggaran 2022 melalui rekrutmen proaktif (Rekpro). (Ist)

POPULARITAS.COM – Tujuh santri dan alumni Dayah Insan Qur’ani penghafal Alquran lulus seleksi calon Bintara Polri tahun anggaran 2022 melalui rekrutmen proaktif (Rekpro). Pimpinan pesantren bangga dengan capaian anak didik mereka.

“Alhamdulillah tujuh hafiz dari 40 orang merupakan santri dan alumni kita lulus Polri tahun ini,” kata Pimpinan Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar, Ustaz Muzakkir Zulkifli, dalam keterangannya, Rabu (5/1/2022) malam.

Muzakkir mengatakan, prestasi itu menjadi menjadi kebanggaan dan kesyukuran bagi keluarga besar Dayah Insan Qur’ani. Dia berharap, capaian tujuh santri dan alumni itu menjadi motivasi bagi yang lain.

“Selamat untuk anak kami, semoga diberi kelancaran mengikuti pendidikan sehingga dapat mengabdi untuk Nusa dan bangsa,” jelas Muzakkir.

40 putra/putri Aceh hafiz Alquran yang lulus tes polisi telah diumumkan Polda Aceh, Rabu (29/12/2021). Pengumuman dilakukan pada sidang akhir yang dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar.

Muzakkir berharap para santri dan alumni IQ terus menyebar ke berbagai institusi untuk mengembangkan dakwah islamiah dengan terus menjaga nilai keislaman di tempat kerjanya. Tujuannya agar kebijakan-kebijakan pemerintah menjadi kebijakan yang membawa rahmat untuk umat.

“Karena nilai-nilai keislaman mewarnai pemikirannya. Terus berkarya dan mengabdi anak-anak kami untuk negeri ini,” ujarnya.

Muzakkir juga menyampaikan tahun lalu ada tiga alumni Dayah Insan Qur’ani melalui jalur rekpro (rekrutmen proaktif) tahun 2021 lulus seleksi yaitu Mistanul Harijal (alumni tahun 2020), Dolly Isma Indra (alumni tahun 2018) dan Alfi Salim (alumni tahun 2020).

Kemudian satu santri melalui jalur bakomsus (bintara kompetensi khusus) agama tahun 2020 yaitu Muammar Thaibi (alumni tahun 2020).

Seperti diketahui, Polda Aceh telah mengumumkan sebanyak 177 orang lulus seleksi bintara Polri melalui melalui rekrutmen proaktif (Rekpro).

Karo SDM Polda Aceh Kombes Pol Fajar Budiyanto, melalui Kabid Humas  Kombes Pol Winardy, dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu merincikan dari 177 orang kuota tersebut, dengan rincian kategori affirmative action sebanyak 103 orang terdiri dari 87 pria dan 16 wanita.

Talent scouting sebanyak 32 orang terdiri (29 pria dan 3 wanita). Dari wanita akademik dan non akademik di luar bidang olahraga sebanyak 1 orang dan wanita bidang olahraga sebanyak 2 orang.

Setelah lulus, mereka akan megikuti pembinaan dan latihan (Binlat), kemudian setelah selesai Binlat mereka persiapan untuk mengikuti pendidikan dengan anggaran tahun 2022.

Berikut daftar 7 santri dan alumni IQ yang lulus seleksi Polri

1. Muhammad Nabil Tamam

2. Muhammad Ridha Rayyan

3. Muhammad Firjatullah

4. Oka Kawsara

5. Alfian Nur Izzami

6. Muhammad Fithran

7. Ahmad Malawi

Shares: