News

45 jasad korban tsunami Aceh dievakuasi

Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek menjelaskan, sebanyak 45 jasad yang diperkirakan korban tsunami yang terjadi pada Desember 2004 silam, telah dievakuasi dan dikebumikan secara layak.

ACEH BESAR (popularitas.com) : Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek menjelaskan, sebanyak 45 jasad yang diperkirakan korban tsunami yang terjadi pada Desember 2004 silam, telah dievakuasi dan dikebumikan secara layak.

Dijelaskannya, ke-45 jasad tersebut, awalnya diketahui pekerja bangunan yang hendak menggali pondasi rumah, pada Selasa, 18 Desember 2018, sore hari, dan baru diinformasikan kepada aparat kampung pagi harinya.

Saat meninjau penemuan jasad tersebut, Rabu (18/12), Ahmad Dadek menerangkan pihaknya sudah menyiapkan 40 kantong jenazah, dan sementara, 4 jenazah yang terlah terindentifikasi diambil pihak keluarga.

Menurutnya, bahwa kuburan massal ini tidak diketahui oleh masyarakat sekitar dikarenakan pada saat bencana Tsunami terjadi warga asli desa Lamseunong, Khaju 85% nya menjadi korban karena daerah tersebut merupakan salah satu daerah terparah dampak gempa dan tsunami dan hanya sekitar 15% warga yang tersisa dan mengungsi ke daerah lain.

Lokasi ini adalah bekas kuburan massal yang dibuat oleh para relawan pada masa darurat pasca tsunami.
Menurut informasi yang didapat dari perangkat gampong sekitar seluruh jenazah korban tsunami itu akan dikafankan dan akan dikuburkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Kajhu.

Hingga saat ini satu unit alat berat masih sedang bekerja menggali tanah tanah di lokasi temuan mayat korban tsunami itu, terangnya. (SAKY)

Shares: