News

46 Desa di Aceh Jaya Terendam Banjir

POPULARITAS.COM – Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Jaya terus meluas pada Minggu (28/3/2021). Hingga pukul 15.59 WIB, Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat ada 46 desa yang ikut terdampak.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas menyebutkan, 46 desa itu tersebar di delapan kecamatan di Aceh Jaya. Banjir ini juga berdampak pada 3637 jiwa, bahkan di antara mereka harus mengungsi ke daerah lebih tinggi.

“Data yang masuk ada 794 jiwa yang harus mengungsi, baik ke rumah famili, meunasah, TPA, dan tempat tertinggi,” kata Ilyas dalam keterangannya, Minggu (28/3/2021).

Ilyas merincikan, 46 desa yang terkena banjir berada di Kecamatan Krueng Sabee (2 desa), Panga (18 desa), Darul Hikmah (5 desa), Sampoiniet (7 desa), Teunom (7 desa), Pasie Raya (4 desa), Jaya (2 desa), dan Indra Jaya (1 desa).

“Yang mengugsi berasal dari Teunom, Panga, Krueng Sabee, dan Indra Jaya,” jelasnya.

Ilyas menambahkan, banjir tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Jaya dan sekitarnya, sehingga mengakibatkan tergenangnya air dan meluapnya Krueng Ulu Masen. Adapun ketinggian air antara 20 centi meter hingga 1 meter.

Kata Ilyas, BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah mengerahkan Tim TRC dengan 1 unit ruber boat dan 1 mobil pick up ke lokasi banjir. Mereka juga ditugaskan melakukan pendataan terhadap korban terdampak banjir dan juga berkoordinasi dengan intansi terkait.

“Kondisi terakhir, untuk sementara sebagian lokasi air belum surut,” papar Ilyas.

Editor: dani

Shares: