News

5 Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong

Ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Minum kopi bagi sebagian orang merupakan ritual sehari-hari yang tak bisa dilewatkan. Kendati demikian, minum segelas kopi dalam keadaan perut kosong bukanlah ide terbaik.

Ada sejumlah bahaya kesehatan yang timbul karena konsumsi kopi saat perut kosong. Perut kosong diartikan sebagai keadaan dua jam sebelum atau setelah makan.

Berikut beberapa bahaya yang bisa timbul karena minum kopi saat perut kosong.

1. Gula darah melonjak

Sebuah studi kecil Juni 2020 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari secara signifikan mengganggu sistem kontrol gula darah.

Kemampuan untuk mengatur kadar gula darah mengurangi risiko kondisi metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung. Orang yang sarapan sebelumnya tidak mengalami lonjakan glukosa darah.

2. Asam lambung naik

Meski rasanya pahit, kopi mengandung asam. Minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa isi apapun apalagi ditambah dengan kopi. Asam lambung meningkat membuat perut terasa mual, pusing hingga dapat menyebabkan vertigo.

Sebagaimana dilansir dari Positive Med, kadar asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan sejumlah masalah pencernaan, seperti radang perut, rasa panas dalam perut serta sindrom iritasi usus besar.

“Kopi juga meningkatkan risiko sakit maag karena dapat merangsang keasaman di perut,” kata Marvin Singh, direktur gastroenterologi integratif di Susan Samueli Integrative Health Institute di UC Irvine serta asisten profesor klinis kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di UC San Diego, seperti dikutip LiveStrong.

Dalam studi September 2020 di Clinical Gastroenterology and Hepatology, peserta yang mengganti dua porsi kopi sehari dengan dua porsi air memiliki penurunan risiko asam lambung.

3. Gangguan Penyerapan Nutrisi

Kopi dikenal mengandung kafein. Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Orang yang gemar minum kopi, juga gemar ke kamar kecil untuk buang air karena kafein.

Hal ini mengakibatkan tubuh tak memiliki waktu untuk penyerapan mineral seperti, seng, magnesium, kalsium serta mineral penting lainnya. Minum kopi saat perut dalam keadaan kosong membuat tubuh kekurangan magnesium.

Kekurangan magnesium dapat memicu timbulnya sederet masalah kesehatan antara lain, kerusakan gigi, osteoporosis, migrain, hipertensi dan penyakit jantung.

4. Merasa gelisah

Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, kafein diserap ke dalam tubuh dengan cepat – rata-rata dalam 45 menit – dan memuncak dalam aliran darah mulai dari 15 menit hingga dua jam setelah dikonsumsi.

Anda akan merasakan efeknya lebih cepat jika Anda belum makan, dan ebih lambat jika Anda sudah makan, terutama jika Anda mengonsumsi makanan kaya serat. Salah satu efek minum kopi dalam keadaan perut kosong adalah perasaan gelisah.

Kendati demikian, rasa cemas dan gelisah versus waspada setelah meneguk Americano sangat bergantung pada gen Anda, tetapi pola makan juga berperan. Laporan pada Maret 2018 oleh Coffe & Health menemukan bahwa variasi genetik menentukan bagaimana tubuh Anda memproses kafein.

Beberapa orang memetabolismenya dengan cepat, dan itu memiliki efek ringan pada mereka. Yang lain memecah kafein secara perlahan, sehingga efeknya lebih terasa dan tahan lama. “Aturan praktis untuk orang yang mudah gelisah adalah maksimum 200 mg sehari,” kata Singh. Itu sekitar dua cangkir kopi buatan sendiri, menurut Mayo Clinic.

5. Dehidrasi

Selain mengganggu penyerapan mineral penting, minum kopi saat perut kosong berakibat pada dehidrasi. Sering buang air kecil membuat tubuh kehilangan cairan secara drastis. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas, sakit kepala bahkan pingsan.

Sumber: CNN

Shares: