News

5 Tanaman yang Bisa Mengusir Semut di Rumah

POPULARITAS.COM – Rasanya hampir tidak ada rumah yang sepenuhnya bebas serangga. Semut adalah salah satu hewan mungil yang keberadaannya seringkali tidak diinginkan di rumah.

Untuk membasmi semut yang ada di rumah, solusi yang kerap kali dipilih adalah dengan menyemprotkan cairan pembasmi serangga atau insektisida. Namun, cara tersebut seringkali berbahaya karena bisa melepas toksin atau racun ke udara.

Namun, jangan khawatir. Ada cara aman untuk mengusir semut di rumah, yakni dengan menempatkan beberapa jenis tanaman.

Ya, beberapa tanaman diyakini terbukti merupakan pengusir semut yang ampuh di rumah. Dilansir dari The Practical Planter, Senin (15/2/2021), kunci membasmi semut di rumah sebenarnya adalah aroma.

Semut mengandalkan indera penciumannya untuk berkomunikasi satu sama lain dan menemukan rute baru menuju sumber makanan.

Menempatkan tanaman hias dengan aroma yang menyengat bisa membantu membasmi semut di rumah.

Berikut ini beberapa jenis tanaman pengusir semut yang dapat diletakkan di rumah Anda.

1. Lavender

Lavender adalah tanaman aromatik yang indah dan cocok ditempatkan di dalam ruangan. Anda akan membutuhkan tempat yang mendapat banyak sinar matahari sepanjang hari.

Selain itu, secara berkala luangkan waktu untuk memecah alias membagi atau mengganti pot tanaman ini karena terus membesar setiap tahun.

Tidak hanya Anda harus mempertimbangkan tingkat cahaya, lavender juga membutuhkan tempat yang sejuk. Tanpa aliran udara yang teratur, itu tidak akan berkembang.

Kipas kecil akan bekerja dalam keadaan darurat. Untuk pemula, coba cari lavender Perancis yang dikenal sebagai jenis termudah untuk disimpan sebagai tanaman hias dalam ruangan.

2. Rosemary

Rosemary tidak terlampau aromatik seperti lavender atau mint, tetapi sama ampuhnya untuk melawan semut. Rosemary bukanlah tanaman termudah untuk ditanam di dalam ruangan.

Cari tempat dengan sinar matahari sebanyak yang Anda bisa untuk pot rosemary Anda. Jika tidak cukup, tambahkan lampu tumbuh kecil.
Anda juga harus sedikit lebih berhati-hati saat menyiram. Jangan berlebihan, dan tunggu sampai tanah di permukaan benar-benar kering.

Siram rosemary secara menyeluruh, dengan pot yang dikeringkan dengan baik agar akarnya tidak basah terlalu lama.

3. Thyme atau Timi

Seperti mint, Anda dapat menanam timi dalam cahaya tidak langsung sehingga dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan, meskipun Anda tidak memiliki kondisi cerah yang ideal.

Hindari penyiraman berlebihan, biarkan tanah mengering sebelum menambahkan lebih banyak air.

Salah satu trik agar timi Anda tidak mendapatkan akar basah adalah dengan memasukkannya ke dalam pot keramik tanpa glasir yang memungkinkan kelembaban menguap lebih cepat.

4. Marigold

Marigold menghadirkan aromatik pengusir semut serta percikan warna oranye yang cantik ke rumah Anda. Dibandingkan dengan tanaman lain, ini bisa sedikit lebih sulit dipelihara sebagai tanaman hias.

Marigold membutuhkan suhu hangat dan banyak sinar matahari agar tetap sehat. Jika memungkinkan, simpan di dalam ruangan selama bulan-bulan yang lebih dingin.

Namun, pindahkan pot Anda ke luar selama cuaca panas untuk memberi mereka kesempatan untuk benar-benar mengisi ulang di bawah panas dan matahari.

5. Bawang putih

Meskipun bukan tanaman yang kemungkinan besar akan Anda tanam sebagai tanaman hias dalam ruangan, tanaman ini tetap bagus untuk mengusir semut dan hampir semua hama serangga lainnya.

Jika Anda ingin memanfaatkan tanaman untuk pengendalian serangga, Anda tidak dapat mengabaikan bawang putih.

Anda bahkan tidak perlu menumbuhkannya. Belilah satu atau dua bonggol ekstra dari supermarket jika Anda perlu.

Sumber: kompas

Shares: