News

9,2 ton beras bantuan pangan dikirim ke Pulo Aceh

9,2 ton beras bantuan pangan dikirim ke Pulo Aceh
Pj Bupati Aceh Besar Lepas 9.220 kg (9,22 ton) bantuan pangan cadangan kepada 922 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pulo Aceh di dermaga Ulee Lheu Banda Aceh, Minggu (18/2/2024). FOTO/ MC ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Sebanyak 9,2 ton beras bantuan pangan cadangan, dikirimkan ke Pulo ke Aceh. Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, lepas pemberangkatan kapal beras tersebut di melalui dermaga kapal kayu di Ulee Lheu Banda Aceh, Minggu (18/2/2024).

Saat pengelepasan kapal bermuatan beras bantuan cadangan pangan tersebut, Pj Muhammad Iswanto mengatakan, bantuan beras yang dikirimkan  tersebut, diperuntukan bagi 922 keluarga penerima manfaat.

Bantuan berupa beras 10 kilogram  per keluarga diberikan kepada KPM melalui program Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS) yang disalurkan oleh Perum Bulog melalui PT Pos dan Giro indonesia.

Bantuan pangan beras tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia. Selain itu, bantuan beras merupakan upaya untuk mengantisipasi krisis pangan di akhir tahun hingga awal tahun 2024.

“Bantuan beras yang diberikan pemerintah ini patut kita syukuri. Sangat membantu warga yang saat ini tengah kesusahan,” katanya.

Atas nama pribadi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan seluruh masyarakat Aceh Besar, Iswanto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko widodo atas semua programnya yang sangat menyentuh langsung dengan masyarakat seperti penyaluran beras, pasar murah, penyaluran bantuan ikan segar dan penyaluran elpiji tepat sasaran.

“Semua itu benar-benar membantu kehidupan rakyat di tengah himpitan ekonomi saat ini,” tutur Iswanto.

Ia menyebutkan, untuk penyaluran bantuan pangan tahap pertama Kabupaten Aceh Besar diberikan kepada 40.169 KPM

“Alhamdulillah, Khusus Kecamatan Pulo Aceh diperuntukan untuk 17 Gampong dengan jumlah KPM 922 orang. Maka oleh karena itu, saya selalu mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur dan dalam keadaan apapun Pemerintah tidak pernah menutup mata,” sebut Iswanto. 

Iswanto mengungkapkan, sebelum penyaluran bantuan pangan cadangan beras sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pangan dan Dinas Sosial Aceh Besar agar menvalidkan data penerima.

“Sehingga penyalurannya bisa cepat dilakukan dan tepat sasaran,” ungkapnya. 

Penerima bantuan ini yang tergolong miskin dan kurang mampu serta membutuhkan bantuan pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

“Bantuan untuk Kecamatan Pulo Aceh diserahkan di dua lokasi, lokasi pertama diserahkan di Pelabuhan Deudap dengan jumlah bantuan sebesar 3,1 ton yang diterima oleh 314 KPM dan untuk lokasi kedua diserahkan di Balai Nelayan Gampong Gugop dengan jumlah bantuan sebesar 6.080 kg yang diterima oleh 608 KPM,” jelasnya. “Semoga bantuan pangan cadangan ini menjadi manfaat bagi masyarakat Pulo Aceh secara khusus dan Aceh Besar secara umum,” pungkasnya. 

Shares: