Edukasi

980 Wisatawan Kunjungi Masjid Raya Baiturrahman

Sebanyak 980 wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh. Mereka tiba di Palabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin (27/11/2017) sekira pukul 09.30 WIB menggunakan kapal cepat KMC Express Bahari.

POPULARITAS.COM – Sebanyak 980 wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh. Mereka tiba di Palabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin (27/11/2017) sekira pukul 09.30 WIB menggunakan kapal cepat KMC Express Bahari.

Mereka berangkat dari Singapura menggunakan kapal pesiar syariah (Islamic Cruise), MV Costa Victoria. Tiba di Sabang tadi pagi pukul 06.00 WIB. Jumlah wisatawan dalam kapal pesiar itu sebanyak 2.200 orang, dari jumlah tersebut 980 orang mayoritas dari Malaysia mengunjungi MRB Banda Aceh dan sejumlah objek wisata tsunami.

Menggunakan bus, mereka berangkat dari pelabuhan Ulee Lheue menuju MRB Banda Aceh. Sampai di MRB, Banda Aceh mereka pun tak lupa mengabadikan momen di masjid kebanggaan rakyat Aceh di Serambi Mekkah.

bahkan sampai di pekarangan MRB, sejumlah wisatawan menyebutkan seperti sedang berada di Madinah. Ini dikarenakan kiri dan kanan masjid terdapat payung besar bak sedang berada di Madinah. Payung tersebut menjadi pemantik sendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke MRB, Banda Aceh.

“Seperti di Madinah,” sebut salah seorang wisatawan sambil terus menikmati suasana MRB menjelang salat Zuhur. Mereka pun sibuk bersuafoto dan saling berfoto.

Sebelum masuk ke pekarangan MRB Banda Aceh yang berkeramik, wisatawan terlebih dahulu diberikan kantong plastik untuk dimasukkan alas kaki. Karena untuk mendekat ke MRB, pengunjung dilarang menggunakan alas kaki, tetapi harus dengan kaki telanjang.

“Ini baru pertama saya datang ke Aceh, jauh sudah berubah paska tsunami, seakan tak pernah terjadi apapun di Aceh dulunya,” kata seorang wisatawan asal Malayasia, Nurliza.

Nurliza bercerita terus mengikuti perkembangan Aceh, baik melalui telivisi maupu surat kabar. Sejak Aceh terjadi tsunami, ia juga selalu mengikuti perkambangannya hingga ia berkesempatan datang langsung ke Banda Aceh.

“Masjid cantik, saya baru pertama datang ke Aceh,” jelasnya.

Wisman yang mengunjungi MRB Banda Aceh sebanyak 980 orang ini akan kembali ke Sabang pada pukul 16.00 WIB nanti melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Setelah itu mereka nanti malam akan kembali ke Singapura menggunakan kapal pesiar yang berlabuh di CT3 Pelabuhan Badan Penguasaan Kawasan Sabang (BPKS). Rencannya kapal tersebut akan berangkat pada pukul 19.30 WIB nanti malam.

“Pukul 16.00 WIB kembali ke Sabang dan nanti malam mereka kembali melanjutkan perjalanan kembali ke Singapura. Ada 2.200 orang dalam kapal tersebut, 980 orang diantaranya berkunjung ke Banda Aceh,” jelas Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS, Fauzi Umar.[acl]

Shares: