News

ABK Asal Filipina Dievakuasi ke Banda Aceh karena Sakit

Ilustrasi, seorang ABK asal Filipina bernama Lapira Mark Paolo Cruz (26) dievakuasi ke Banda Aceh karena menderita darah tinggi (hipertensi) saat melintasi perairan Samudera Hindia, Jumat (6/8/2021). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Seorang ABK asal Filipina bernama Lapira Mark Paolo Cruz (26) terpaksa dievakuasi ke Banda Aceh karena menderita darah tinggi (hipertensi) saat melintasi perairan Samudera Hindia, Jumat (6/8/2021).

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono mengatakan, ABK asal Filipina itu menderita darah tinggi saat berlayar dari Kalama, Washington menuju Galle, Srilangka menggunakan kapal kargo ST PETER.

“6 Agustus pukul 12.10 WIB, Basarnas Banda Aceh menerima info dari agen Pelni tentang satu orang crew ST PETER yang berlayar dari Kalama mengalami sakit (darah tinggi) dan membutuhkan medevac untuk penanganan lebih lanjut,” kata Budiono dalam keterangannya, Jumat (6/8/2021).

Mendapat laporan itu, kata Budiono, sekira pukul 12.15 WIB Basarnas Banda Aceh melakukan koordinasi dengan agen Pelni, KKP, Imigrasi, KSOP dan instansi yang akan terlibat dalam pelaksanaan evakuasi medis tersebut.

“Setelah diberikan titik lokasi kapal, pukul 12.28 WIB tim rescue Basarnas Banda Aceh bergerak ke Pelabuhan Ulee Lheue menggunakan rescue compartmen. Pukul 15.00 WIB KN SAR Kresna bergerak ke titik medevac dengan estimasi tiba di titik lokasi medevac pukul 15.30 WIB,” sebut dia.

Budiono menambahkan, sekira pukul 16.50 WIB tim berhasil mengevakuasi korban dari kapal ST PETER ke kapal KN SAR Kresna menuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

“Selanjutnya korban akan dievakuasi ke RSUD Malahayati untuk tindakan lebih lanjut,” ujar Budiono.

Editor: dani

Shares: