HeadlineNews

Abrasi Landa Sebagian Pesisir Abdya

Abrasi yang terjadi di Pantai Gampong Kedai Palak Kerambil, Susoh, Abdya. (Asmunda)

BANDA ACEH (popularitas.com) –  Sebagian pesisir Aceh Barat Daya (Abdya) kembali dilanda abrasi dalam sepekan terakhir. Abrasi terparah terjadi di Pantai Gampong Kedai Palak Kerambil, Susoh yang mengakibatkan daratan sepanjang 300 meter tergerus ombak.

Imbasnya, beberapa rumah warga di sekitar lokasi terancam ambruk ke laut akibat abrasi yang semakin meluas. Bahkan,  pada Minggu 28 April 2019, gelombang laut sekitar kian mengganas yang terjangannya sudah mencapai dapur rumah warga setempat.

Ombak sudah masuk ke dapur warga. (Asmunda)

Abrasi serupa juga terjadi di objek wisata Pantai Jilbab. Kikisan pantai akibat deburan ombak membuat pondak-pondok tempat bersantai warga, rusak disapu tingginya gelombang laut.

Geuchik Gampong Palak Kerambil, Bainuddin mengatakan kejadian seperti ini sudah setiap tahun melanda pesisir Gampong Kedai Palak Kerambil.

Pihaknya pun sudah beberapa kali mendampingi pemerintah Abdya meninjau abrasi tersebut. Tetapi, janji tinggal janji, belum ada tindakan yang nyata dalam menangani persoalan itu.

Ombak sudah masuk ke dapur warga. (Asmunda)

“Masyarakat ingin solusi dan penanggulangan yang tepat. Sebelum rumah warga, warung tempat warga mencari nafkah, tempat penjemuran ikan asin, gudang pembuatan kapan nelayan, rusak diterjang abrasi,” katanya.

Selama ini warga sudah menyampaikan keluh kesahnya kepada pemerintah setempat. Mereka berharap pemerintah segera membangun breakwater atau batu gajah pemecah gelombang di bibir pantai Gampong Kedai Palak Kerambil.

“Kalau ini tidak dilakukan segera, masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir pantai terus gelisah dan ketakutan saat badai dan ombak besar. Itu juga mengganggu mata pencaharian masyarakat kami,” pungkasnya. (ASM)

Shares: