News

Aceh berpotensi dilanda hujan lebat disertai kilat dan angin kencang

Aceh berpotensi dilanda hujan lebat disertai kilat dan angin kencang
Seorang warga melintas di antara pengendara bermotor yang melintasi Jalan Laksda Adisucipto saat terjadi hujan yang lebat, di Yogyakarta, Rabu (10/3). FOTO ANTARA/ Wahyu Putro A/ed/nz/pri.

 

POPULARITAS.COM – Sejumlah wilayah di Indonesia diprakirakan akan alami cuaca berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Hal tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat laman resminya, Sabtu (13/4/2024) di Jakarta.

Menurut instansi tersebut, daerah-daerah yang akan dilanda angin kencang disertai kilat dan angin kencang, yakni, Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu dan DKI Jakarta. Kemudian, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung.

Lalu, Maluku, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

BMKG berharap pemudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Jika memang kondisi cuaca sedang buruk, kata dia, jangan memaksakan diri dan sebaiknya ditunda.

“Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS),” katanya.

Shares: