News

Aceh kembali Terima 2000 APD, Akan Didistribusikan Sebelum Ramadhan

Prajurit TNI menurunkan sejumlah kardus berisi Alat Pelindung Diri (APD) seusai diturunkan dari pesawat TNI-AU A 1316 di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Jumat (10/4/2020). Satuan Gugus Tugas COVID-19 Pusat kembali mengirimkan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju pelindung untuk tenaga medis di sejumlah Puskesmas provinsi Aceh dalam penanganan pasien COVID-19. (Antara)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 2.000 Alat Pelindung Diri (APD) tiba di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Sabtu, 18 April 2020. APD tersebut dikirim Satuan Gugus Tugas Covid-19 Pusat menggunakan pesawat Boeing 737 (A-7306) dari Lanud Halim Perdana Kusuma.

Danlanud SIM Kolonel Pnb Hendro Arief H., menyampaikan bahwa hari ini merupakan pengiriman alat kesehatan ketiga melalui pesawat udara.

2.000 APD tersebut langsung dilakukan serah terima kepada Pemerintah Aceh melalui Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Dr. Hanif yang hadir langsung di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda Blang Bintang.

“Khusus untuk Aceh, ini pengiriman ketiga melalui pesawat udara,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, mengatakan pengiriman ini yang ketiga kalinya yang diterima. Kata dia, APD ini ada lima jenis. Kemudian pihaknya sudah memiliki list untuk kabupaten/kota yang mendapatkan APD dan akan segera didistribusikan.

“Sebelum bulan puasa harus sudah terdistribusi semua,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki stok APD di Gudang Farmasi milik Dinkes Aceh. APD itu, nantinya akan didistribusikan ke wilayah yang mudah terjangkau. Seperti RSUZA dan daerah Aceh Besar.

Sejauh ini, menurut Hanif, ketersediaan APD untuk kabupaten/kota sudah mencukupi. Meskipun ada lonjakan kasus, pihaknya menilai akan tetap tersedia untuk APD.

Ia meminta agar pihak Rumah Sakit di daerah untuk selalu menginformasikan ke pihaknya soal ketersediaan APD. (dani)

Shares: