News

Aceh Tengah uji coba pengembangan kerang mutiara di Danau Lut Tawar

Aceh Tengah uji coba pengembangan kerang mutiara di Danau Lut Tawar
Pelepasan perdana benih kerang mutiara di perairan Danau Lut Tawar, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/HO-Setdakab Aceh Tengah)

POPULARITAS.COM – Danau Lut Tawar di Aceh Tengah, saat ini dijadikan kawasan uji coba pengembangan kerang mutiara. Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu komoditas bernilai ekspor dari daerah penghasil kopi arabica tersebut.

Pengembangan Kerang mutiara air tawar dilakukan atas kerjasama investor China dengan PT Halal International Aceh (PT HIA).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTMSP) Kabupaten Aceh Tengah, T Alaidinsyah, dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/12/2023) mengatakan, kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan investor dan sektor swasta itu, diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat nantinya.

Jika pengembangan ini berhasil, maka pihaknya menyasar pasar mutiara produk Danau Lut Tawar ke luar negeri. Saat ini, tambahnya, potensi mutiara miliki pangsa pasar yang besar di Asia Timur, terutama di China.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan pengembangan budi daya lebih lanjut, terlebih dahulu akan dilakukan uji pertumbuhan dan perkembangan kerang di perairan Danau Laut Tawar selama satu tahun.

Uji coba ini, lanjut dia, dipantau langsung oleh tenaga ahli perikanan bekerja sama dengan Prodi Budidaya Perairan Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon dan masyarakat setempat.

“Spesies kerang mutiara air tawar berjenis hypriosis cumingii merupakan jenis yang didatangkan dari China bersifat filter feeder. Kerang tidak diberi pakan melainkan menyaring plankton yang ada di kolam maupun perairan danau seperti Danau Laut Tawar ini,” ujarnya.

Dinas Perikanan Aceh Tengah menyatakan bahwa jenis kerang tersebut secara ekologi diperkirakan tidak akan mengganggu ikan endemik Danau Laut Tawar, karena kerang itu tidak menggunakan pakan olahan.

Selain itu, lanjut dia, apabila memang uji coba tersebut berhasil, maka sebelum dilakukan pengembangan juga akan dilakukan kajian daya dukung terhadap pengembangan budi daya kerang mutiara.

“Dengan harapan masyarakat dapat beralih dari ketergantungan terhadap tangkapan ikan endemik di Danau Laut Tawar,” ujarnya.

Editor : Muhamamd Fadhil

Shares: