News

Akses jalan ke wisata Tugu KM Nol di Sabang kembali normal

Akses jalan ke wisata Tugu KM Nol di Sabang kembali normal
Warga melintas di jalan utama menuju destinasi wisata Kilometer Nol Indonesia yang sudah selesai diperbaiki setelah sempat terputus akibat tanah longsor, di Kota Sabang, Aceh, Kamis (2/2/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Sabang)

POPULARITAS.COM – Jalan menuju destinasi wisata Tugu Kilometer Nol Indonesia di Kota Sabang Provinsi Aceh kembali normal untuk dilalui masyarakat maupun wisatawan, setelah empat hari terakhir terputus akibat peristiwa longsor yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Sabang.

“Jalan yang putus sudah selesai diperbaiki, objek wisata Tugu Kilometer Nol sudah bisa dikunjungi masyarakat maupun wisatawan,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, dikutip dari laman Antara, Kamis (2/2/2023).

Wilayah Sabang diguyur hujan deras pada Minggu (29/1) hingga tengah malam menyebabkan belasan titik longsor dan pohon tumbang pada akses utama jalan menuju wisata Iboih dan Tugu Kilometer Nol, sehingga jalur itu lumpuh total.

Saat ini akses yang terputus total menuju daerah wisata andalan di Sabang itu sudah tertangani. Terutama, kata Reza, perbaikan jalan menuju objek wisata Tugu Kilometer Nol dapat diselesaikan atas dukungan dari pihak Balai Jalan Nasional yang turun langsung menangani jalan putus tersebut, serta dibantu masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah sepanjang jalan menuju objek wisata Iboih hampir semuanya sudah bersih dari sisa longsor dan sudah bisa dilalui,” ujarnya.

Reza mengatakan perbaikan jalan menuju Kilometer Nol Indonesia itu merupakan penanganan sementara, sembari menunggu untuk penanganan permanen dari pemerintah.

Ia menambahkan curah hujan tinggi pada awal 2023 ini merupakan yang paling parah terjadi di Sabang, karena mengakibatkan banyak pohon tumbang dan tanah longsor di berbagai lokasi di kawasan Sabang, hingga menyebabkan listrik dan jaringan pipa air terganggu.

Hingga saat ini, PDAM Tirta Aneuk Laot dan Dinas PUPR setempat juga tengah berupaya dan bekerja keras untuk menormalisasi jaringan pipa PDAM yang rusak akibat longsor.

Meski demikian, patut disyukuri bahwa berkat kerja keras PLN, sistem kelistrikan ke wilayah Gapang, Iboih sampai dengan Tugu Kilometer Nol, sebagai daerah paling parah, sudah normal secara keseluruhan.

“Kami berterima kasih dengan seluruh pihak yang telah bekerja keras, bekerja cepat, sehingga dengan waktu yang tidak terlalu lama, keadaannya bisa kembali normal,” ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Sosial juga telah menyalurkan bantuan masa panik untuk masyarakat di beberapa desa, di antaranya di Gampong Paya Seunara, Krueng Raya, Kuta Timu, Iboih, Batee Shoek, Ie Meulee dan Cot Ba’u.

“Kami terus mendata masyarakat yang perlu penanganan lebih lanjut. Kemudian bagi gampong yang area sekitarnya masih tertimbun, baik itu jalannya dan sebagainya, segera melaporkan dan kita siap melakukan pembersihan melalui Dinas PUPR,” katanya.

Shares: