HeadlineNews

Amati Hilal Jelang Ramadhan di Aceh Dilakukan pada 8 Titik

Awal puasa diperkirakan tanggal 2 April 2022
Ilustrasi pengamatan hilal. Foto: Internet

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh akan melakukan pengamatan (rukyatul hilal) untuk menentukan awal Ramadhan 1440 Hijriah. Amatan tersebut akan dilakukan pada beberapa titik di berbagai kabupaten/kota di Aceh.

Dikutip dari situs resmi Kemenag, Minggu 21 April 2014, disebutkan untuk provinsi pengataman hilal akan berlangsung di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar pada Minggu 5 Mei 2019 atau bertepatan dengan 29 Sya’ban 1440 Hijriah.

“Hasilnya amantan nantinya akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat penentuan awal Ramadan 1440 H,” kata Kakanwil Kemenag Aceh, HM Daud Pakeh di situs resmi Kemenag Aceh tersebut.

Secara perhitungan, Ramadhan tahun ini diperkirakan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Namun, Kemenag Aceh tetap menghimbau masyarakat untuk menunggu penetapan 1 Ramadhan 1440 H dari keputusan Menteri Agama yang biasanya melalui sidang itsbat.

Selain di pusat Obs Hilal Aceh di Lhoknga, pengamatan hilal juga akan dilaksanakan di Bukit Poly kompleks Perta Aron, Lhokseumawe dan Bukit Cot Semen Muara Dua. Kemudian di Aceh Jaya akan digelar di Gunung Cring Cran juga Pantai Suak Geudeubang Kabupaten Aceh Barat.

Sedangkan di Aceh Selatan digelar di Pantai Lhok Keutapang dan Ujong Manggeng Kecamatan Manggeng, Simeulue di Pantai Desa Nacala dan Teupah Barat. Kemudian di Tugu “Kilometer Nol” Indonesia yang terletak di Kota Sabang.

Kakanwil menyebut pihaknya telah menginstruksikan kepada beberapa kepala kantor Kemenag di kabupaten/kota untuk berkoordinasi dengan Mahkamah Syar’iyah, Dinas Syariat Islam, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), ormas Islam dan para tokoh masyarakat.

Hasilnya dapat dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah. Pengamatan hilal nantinya terbuka untuk umum. Kemenag mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan hilal awal Ramadan tersebut.

Karena sebelum acara pengamatan dimulai, akan ada pembelajaran atau ceramah ilmiah yang diisi pakar falakiyah dari BHR Kanwil Kemenag Aceh. Acara dimulai dari pukul 17.00 WIB, semua alat yang dibutuhkan untuk pengamatan nantinya akan disiapkan.

Disebutkan juga, ketinggian hilal untuk markaz Lhoknga, Aceh Besar 5,6011 derjat di atas ufuk, kemungkinan hilal terlihat sangat besar, karena semua kriteria penentuan awal bulan sudah terpenuhi, sehingga tanggal 1 Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019. Namun, tetap harus menunggu hasil sidang Itsbat. (JAP)

Shares: